Apa Itu Dividen Saham?

Apa Itu Dividen Saham? Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Dividen saham adalah pembayaran dividen kepada pemegang saham yang dilakukan dalam bentuk saham dan bukan sebagai uang tunai. Dividen saham memiliki keuntungan memberikan penghargaan kepada pemegang saham tanpa mengurangi saldo kas perusahaan, meski mengurangi laba per saham.

Distribusi saham ini umumnya dilakukan sebagai pecahan yang dibayarkan per saham yang ada. Misalnya, perusahaan mungkin menerbitkan dividen saham sebesar 5%, yang mengharuskannya menerbitkan 0,05 saham untuk setiap saham yang dimiliki oleh pemegang saham yang ada, sehingga pemilik 100 saham akan menerima 5 saham tambahan.

Baca Juga: Apa Itu Diversifikasi?

Dividen saham dilakukan sebagai pembagian saham kepada pemegang saham yang ada sebagai pengganti dividen tunai. Jenis dividen ini dapat dibuat ketika perusahaan ingin memberi penghargaan kepada investornya tetapi tidak memiliki cadangan uang tunai atau ingin menyimpan uang tunai untuk investasi lain.

Dividen saham memiliki keuntungan pajak bagi investor. Sementara itu, dividen saham tidak dikenakan pajak sampai investor menjualnya kecuali jika perusahaan menawarkan opsi untuk mengambil dividen sebagai uang tunai atau saham.

Dividen saham bisa juga mengharuskan saham yang baru diterima tidak dijual untuk jangka waktu tertentu. Periode penyimpanan dividen saham ini biasanya dimulai sehari setelah saham dibeli. Penting untuk memahami holding period terlebih dahulu untuk menentukan perlakuan pajak dividen yang memenuhi syarat.

Sementara itu, saat perusahaan memberlakukan pemberian dividen saham, maka posisi likuiditasnya cenderung tetap atau tidak berubah. Hal ini karena pemberian dividen dilakukan dengan menambah nilai saham para investor dan tidak menggunakan arus kas seperti pada dividen jenis tunai.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini