Ikuti Langkah Amerika, Inggris Resmi Larang Penggunaan Teknologi 5G China

Ikuti Langkah Amerika, Inggris Resmi Larang Penggunaan Teknologi 5G China Foto: REUTERS/Sergio Perez

Pemerintah Inggris akhirnya menetapkan aturan yang melarang perusahaan telekomunikasi Inggris menggunakan perangkat 5G baru rakitan Huawei.

Melansir Reuters, Senin (30/11/2020), aturan itu mulai berlaku September 2021 sebagai bagian dari rencana membersihkan teknologi rakitan Negeri Tirai Bambu dari jaringan 5G Inggris.

"Saya menentukan jalan yang jelas untuk menghapus vendor berisiko tinggi dari jaringan 5G kami," kata Menteri Digital Inggris, Oliver Dowden.

Baca Juga: Dituding Sekongkol Sama Amerika Buat Tangkap Putri Miliarder China, Ini Reaksi Polisi Kanada

Baca Juga: Jajaran Trump Masih Tekan China, Malah Mau Boikot 4 Perusahaan China Lagi!!

Sekadar informasi, Inggris telah memerintahkan penghapusan seluruh teknologi Huawei dari jaringan 5G pada akhir 2027, sejalan dengan sekutunya di bidang intelijen, Amerika Serikat (AS).

China mengkritik keputusan itu, sedangkan pekan lalu Huawei berkata, "kami kecewa Inggris berupaya menghapus teknologi Huawei dari peluncuran 5G Inggris setelah penerbitan UU baru yang bisa mendenda perusahaan 100 ribu pound (sekitar Rp1,9 miliar) jika melanggar larangan."

Selain itu, Inggris juga mengumumkan strategi baru untuk mendiversifikasi rantai pasokan 5G, terdiri atas: investasi awal 250 juta pound (sekitar Rp4,7triliun), uji coba dengan menggandeng perusahaan Jepang NEC, dan pendirian fasilitas penelitian baru.

Lebih lanjut, Inggris juga melarang pembelian peralatan teknologi 5G Huawei setelah akhir tahun.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini