Apa Itu Categories dan Tag Pages SEO?

Apa Itu Categories dan Tag Pages SEO? Foto: Unsplash/Marvin Meyer

Kategori dan tag yang terdapat di situs web (terutama WordPress) adalah sesuatu yang akan selalu Anda temukan di sidebar kanan saat menulis atau mengedit postingan. Namun, ada lebih banyak topik pembahasan daripada itu. Kategori dan tag memiliki peran yang penting dalam hal pengorganisasian konten di situs Anda, serta untuk meningkatkan performa SEO Anda.

Kategori dan tag adalah dua cara utama untuk mengelompokkan konten di situs WordPress. Secara sederhana, kategori adalah label umum, sedangkan tag lebih spesifik menjelaskan postingan Anda lebih rinci dan detail.

Baca Juga: Apa Itu Posts dan Pages SEO?

Apa Itu Kategori?

Singkatnya, kategori adalah metode paling umum untuk mengelompokkan konten di situs WordPress. Kategori melambangkan topik atau sekelompok topik yang terhubung satu sama lain dalam beberapa cara.

Terkadang, sebuah postingan dapat mencangkup banyak kategori pada saat yang bersamaan. Namun, mungkin bukan ide terbaik untuk menetapkan lebih dari 2-3 kategori ke dalam satu postingan. Intinya di sini adalah mengatur konten Anda dengan rapi sehingga memudahkan aksesnya bagi pembaca.

Misalnya, jika saya menulis postingan yang mengumumkan sebuah berita terbaru, saya akan memasukkannya ke dalam kategori "Berita". Jika saya menulis tutorial tentang cara menjaga keamanan situs WordPress Anda, saya akan memasukkannya ke "Keamanan". Namun, jika saya menemukan beberapa berita yang melibatkan keamanan, saya dapat menambahkan postingan saya ke kedua kategori: "Berita" dan "Keamanan". 

Misalnya, Anda menjalankan bisnis majalah online. Satu-satunya cara yang bisa Anda ikuti adalah dengan membuat kategori untuk setiap kolom majalah tersebut. Misalnya politik, olahraga, sosial, seni, dll. Setiap kategori harus memiliki:

• Judul atau nama,

• Slug (struktur URL dari halaman kategori ... sesuatu seperti tautan permanen),

• Penjelasan apakah itu kategori induk atau bukan (atau jika itu termasuk dalam kategori lain yang lebih besar),

• Deskripsi.

Selain membuat kategori dengan cara itu, Anda juga dapat menetapkannya setiap kali menulis atau mengedit posting blog.

Apa Itu Tag?

Tag adalah mekanisme yang bagus jika Anda ingin mengidentifikasi konten dengan menggunakan beberapa kata kunci tertentu. Anda cukup memilih beberapa kata yang paling menggambarkan postingan tertentu.

Perbedaan utama antara kategori dan tag adalah cara Anda menggunakannya. Di satu sisi, kategori dimaksudkan untuk menunjukkan genre postingan. Di sisi lain, tag menjelaskan informasi yang lebih dalam serta menunjukkan hal-hal individual yang dibicarakan postingan. Oleh karena itu, Anda perlu -atau bahkan diharuskan- menggunakan beberapa tag dengan satu entri blog.

Misalnya, jika saya menulis postingan seputar bisnis tanaman hias, saya dapat menambahkan tag seperti berikut: tanaman hias, pot, alat berkebun, pupuk organik, bibit murah, dan daftarnya bisa terus berlanjut. Biasanya, saat dibaca secara bersamaan, tag harus bisa merangkum gagasan postingan.

Meskipun Anda tidak perlu sering-sering mengunjungi bagian itu, ada baiknya untuk memeriksanya sesekali, hanya untuk melihat tag spesifik mana yang paling sering Anda gunakan. Lebih penting lagi, seperti halnya kategori, Anda juga dapat menetapkan tag saat mengedit postingan blog.

Apa Perbedaan Antara Kategori dan Tag?

Kategori dimaksudkan untuk pengelompokan postingan Anda secara luas. Anggap ini sebagai topik umum atau daftar isi untuk situs WordPress Anda. Kategori bersifat hierarkis yang berarti Anda dapat membuat sub-kategori.

Tag dimaksudkan untuk mendeskripsikan postingan Anda secara detail dan spesifik. Anggap bagian ini sebagai kata-kata indeks situs Anda. Tag dapat membantu Anda untuk mengategorikan konten Anda. Tag tidak bersifat hierarkis.

Misalnya, sebuah posting memiliki tag: kategori, kategori vs tag, taksonomi khusus, SEO, praktik terbaik SEO, menyortir konten Anda, dan tag.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini