Sri Mulyani Buka-bukaan Alasan Ngutang Terus: Ini Gara-gara Covid-19

Sri Mulyani Buka-bukaan Alasan Ngutang Terus: Ini Gara-gara Covid-19 Foto: Sufri Yuliardi

Utang pemerintah terus membengkak. Namun, utang ini harus dilakukan karena untuk memenuhi anggaran belanja yang berujung pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pun membeberkan alasan Indonesia memilih untuk berutang dengan lembaga keuangan dunia, seperti Bank Dunia atau IMF.

Hal ini dikarenakan kebutuhan biaya Indonesia cukup besar di mana pemasukan pendapatan tidak mencukupi. Apalagi kondisi pandemi Covid-19 yang membuat pemasukan negara dari pajak juga terkontraksi.

Baca Juga: Kebut Sejuta Rumah, Sri Mulyani Suntik Perumnas Rp650 Miliar

"Kita harus menjaga belanja, harus hemat, efisien, dan tidak boleh dikorupsi. Tapi kalau belanja dijaga tapi pemasukan tidak cukup kita harus berutang karena kebutuhan banyak. Ini gara-gara Covid-19," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Senin (30/11/2020).

Dia mengungkapkan utang ini untuk memperbaiki ekonomi Indonesia dari tekanan Covid-19. Di antaranya, pemerintah sudah menganggarkan kesehatan Rp97 triliun dan memberikan masyarakat perlindungan sosial.

"Apa itu perlindungan sosial? Masyarakat miskin yang diberikan pemerintah bantuan. Bisa uang maupun sembako kita kasih," katanya," bebernya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini