3 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak ala Raditya Dika, Investasi Tetap Jagoannya!

3 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak ala Raditya Dika, Investasi Tetap Jagoannya! Foto: (Foto: Instagram/@raditya_dika)

Mempersiapkan dana pendidikan anak mungkin hanya sebagian orang yang terpikirkan sejak jauh-jauh hari. Komika Raditya Dika termasuk sosok yang mempersiapkan pendidikan anak dari jauh hari, bahkan sebelum menikah.

Ayah dua anak ini pun membagikan tipsnya yakni 'Cara Ngitung Pendidikan Anak' melalui Channel YouTube-nya Raditya Dika yang dikutip di Jakarta, Selasa (1/12/2020). Berikut ulasannya!

Baca Juga: Daging Semua! Raditya Dika Bagikan 9 Cara Jadi Kaya Raya, Berani Coba?

1. Hitung biaya yang dibutuhkan saat ini dan biaya masa depan

Sebagai contoh dibutuhkan dana Rp120 juta untuk biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta Jakarta tahun 2020. Lalu, carilah future value, yaitu saat di masa depan anak sudah memasuki usia kuliah dan disesuaikan dengan inflasi.

Semisal anak akan kuliah 17 tahun lagi dengan inflasi 12% per tahun, maka apabila dihitung di kalkulator future value, dana kuliah anak akan mencapai Rp823 juta. Itulah angka yang dibutuhkan untuk dana kuliah anak 17 tahun kemudian.

2. Tentukan instrumen investasi

Radit mengutarakan, karena masih 17 tahun lagi yang artinya masih sangat panjang, itu berarti lebih baik menggunakan Reksadana Saham (Index) dengan fee rendah di mana ekspektasi return-nya 13 persen per tahun.

Tetapi, tetap sesuaikan instrumen investasi dengan profil risiko dan jangka waktunya. Seperti misalnya, anak akan kuliah 3 tahun lagi, itu berarti lebih baik memilih instrumen investasi lain yang pergerakan nilai jangka pendeknya tidak sebesar saham. Jangan lupa riset terlebih dahulu sebelum menaruh uangnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini