Ahli Sepakat Penerapan Euro Digital Dimulai 4 hingga 5 Tahun Lagi

Ahli Sepakat Penerapan Euro Digital Dimulai 4 hingga 5 Tahun Lagi Foto: Unsplash/Dmitry Demidko

Beberapa ahli dari berbagai bank Eropa sepakat bahwa penerapan untuk euro digital adalah empat atau lima tahun lagi.

Dalam sebuah panel pada Senin yang disebut Meningkatkan Uang ke Era Digital: Memperkenalkan Euro Digital, para peserta setuju bahwa tugas saat ini utamanya adalah mengajak semua orang bergabung dengan spesifikasi euro digital.

Mata uang digital bank sentral atau CBDC telah menjadi topik perdebatan yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, tetapi terutama sejak awal pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pizza Hut Terapkan Pembayaran Lewat Bitcoin di Negara Ini

Austja Ĺ ostakait dari Bank Sentral Eropa (ECB) mengatakan bahwa ECB bahkan tidak akan membuat keputusan tentang apakah akan mengejar euro digital dengan sungguh-sungguh sampai pertengahan 2021, yang bertentangan dengan perkiraan Januari yang dibuat Presiden ECB awal bulan ini.

Penasihat Riksbank Swedia, Carl Andreas Claussen mengatakan bahwa bank sentral sedang menyelesaikan bukti konsep untuk e-krona-nya pada Februari, tetapi juga memperkirakan bahwa peluncuran yang sebenarnya adalah "empat atau lima tahun lagi."

"Ada beberapa pertanyaan hukum dan ini adalah masalah besar sehingga kami tidak dapat memutuskannya. Kami membutuhkan dukungan politik. Kami menyarankan kepada parlemen bahwa mereka harus memiliki komite ahli yang mengawasi ini," kata Claussen dikutip dari Cointelegraph, Selasa (1/12/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini