Apa Itu Dumping?

Apa Itu Dumping? Foto: Antara/Aprillio Akbar

Dumping adalah ketika suatu negara atau perusahaan mengekspor produk dengan harga yang lebih rendah di pasar impor luar negeri daripada harga di pasar domestik negara tersebut. Istilah ini biasa digunakan dalam konteks perdagangan internasional. Hal ini karena dumping biasanya melibatkan volume ekspor yang besar dari suatu produk dan sering kali membahayakan kelangsungan finansial produsen atau produsen produk di negara pengimpor.

Dumping dianggap sebagai bentuk diskriminasi harga. Hal ini karena produsen menurunkan harga barang yang memasuki pasar luar negeriĀ  dari harga yang dibayarkan oleh pelanggan domestik di negara asal. Praktik tersebut dianggap disengaja dengan tujuan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar impor.

Baca Juga: Apa Itu Due Diligence?

Adapun keuntungan utama dumping adalah kemampuannya untuk menembus pasar dengan harga produk yang sering dianggap tidak adil. Negara pengekspor mungkin dapat menawarkan subsidi kepada produsen untuk mengimbangi kerugian yang timbul ketika produk dijual di bawah biaya produksi.

Namun, salah satu kelemahan terbesar dari dumping adalah biaya subsidi bisa menjadi terlalu mahal dari waktu ke waktu untuk berkelanjutan. Selain itu, mitra dagang yang ingin membatasi bentuk aktivitas pasar dapat meningkatkan pembatasan barang yang dapat mengakibatkan peningkatan biaya ekspor ke negara yang terkena dampak atau batasan jumlah yang akan diimpor suatu negara.

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menganggap dumping sebagai legal, tetapi negara lain justru merasa tidak adil. Untuk melawan dumping dan melindungi industri dalam negeri dari harga predatori, sebagian besar negara menggunakan tarif dan kuota. Dumping juga dilarang jika menyebabkan perlambatan material dalam pendirian suatu industri di pasar dalam negeri.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini