Samsung Rombak Direksi, Posisi Ketua Dikosongkan Buat Putra Mahkota Miliarder Korsel?

Samsung Rombak Direksi, Posisi Ketua Dikosongkan Buat Putra Mahkota Miliarder Korsel? Foto: Reuters/Yves Herman

Samsung merombak jajaran eksekutif seniornya, Rabu (2/12/2020) tanpa menggantikan ketuanya yang meninggal dunia beberapa bulan lalu. Posisi wakil ketua Samsung, Jay Y. Lee pun tak mengalami perubahan.

Padahal, putra dari mendiang Ketua Samsung Lee Kunhee itu tengah menghadapi dua kasus hukum yang menurut para analis dapat menjebloskannya ke penjara.

"Samsung terlihat meluangkan waktu sebelum membuat perubahan besar dari segi kepemimpinan, mempertimbangkan agar Lee mengisi jabatan ketua yang kosong," ujar para analis, sebagaimana dilansir dariĀ Reuters, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Yuan Digital Mau Geser Dominasi Dolar Amerika, Bisa Gak Ya?

Baca Juga: Cara Buat Spotify Wrapped 2020, Kilas Balik Lagu dan Penyanyi Favorit Sepanjang Tahun

Profesor di Seoul National University, Park Sangin mengatakan, Lee secara praktis sudah memegang kendali perusahaan sejak ayahnya menjalani perawatan di rumah sakit pada 2014.

Park berkata, "kondisi bisnis Samsung baik dan tidak ada kepentingan terdesak untuk mengubah kepemimpinan."

Lebih lanjut, Park menambahkan, salah satu sidang hukum Lee harus berakhir sebelum ia bisa naik jabatan atau menyusun visi baru untuk perusahaan. Asal tahu saja, persidangan terakhir Lee baru akan berjalan pada akhir Desember.

Di sisi lain, soal perombakan posisi saat ini, Samsung mengatakan, "Kepala Bisnis Peralatan Digital, Lee Jaeseung; Kepala Bisnis Memori, Lee Jungbae; dan Kepala BisnisĀ Foundry, Choi Siyoung naik jabatan menjadi presiden.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini