Bos Tesla Elon Musk Ramal Kebutuhan Listrik Akan Berlipat Ganda di Masa Depan

Bos Tesla Elon Musk Ramal Kebutuhan Listrik Akan Berlipat Ganda di Masa Depan Foto: REUTERS/Aly Song

CEO Tesla Elon Musk belum lama ini memprediksikan bahwa konsumsi listrik akan berlipat ganda jika armada mobil dunia dialiri listrik. Ia pun mengingatkan bahwa perlu meningkatkan kebutuhan untuk memperluas sumber pembangkit energi nuklir, matahari, panas bumi dan angin.

Dilansir dari Reuters di Jakarta, Kamis (3/12/2020) Musk menambahkan, meningkatkan ketersediaan energi berkelanjutan merupakan tantangan besar karena mobil beralih dari mesin pembakaran ke listrik. Peralihan ini, disebutkan Musk, akan memakan waktu dua dekade.

“Diperlukan 20 tahun lagi untuk mobil menjadi listrik sepenuhnya. Ini seperti dengan telepon, Anda tidak dapat mengganti semuanya sekaligus,”  kata Musk dalam pembicaraan yang dipandu oleh penerbit Axel Springer yang berbasis di Berlin.

Baca Juga: Valuasi Tesla Melambung, Elon Musk Buka Peluang Merger dengan Toyota Cs

Musk menambahkan bahwa sekitar 5% kendaraan diganti setiap tahunnya. Begitu mobil listrik menjadi hal yang biasa, listrik dari sumber energi pembangkit seperti angin dan matahari perlu disimpan melalui teknologi baterai.

“Bersama dengan paket baterai besar, kedua hal tersebut perlu digabungkan, tenaga angin dengan paket baterai dan energi matahari,” kata Musk.

Untuk diketahui, Tesla sedang memulai rencana untuk membangun pabrik giginya yang keempat di ekonomi terbesar Eropa.

"Turbin angin terbaik dibuat di Jerman. Saya selalu bersenang-senang ketika saya di sini. Saya suka budaya teknik. Orang ingin menyelesaikan sesuatu." ujar Musk.

Tesla baru-baru ini memperoleh lisensi untuk memperdagangkan listrik di seluruh Eropa barat. Selain itu, perusahaannya juga telah melakukan survei pelanggan di Jerman tentang kemungkinan penggunaan listrik Tesla di mobil mereka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini