MIKTI Rilis Digital Incubator Playbook, Menristek Bilang....

MIKTI Rilis Digital Incubator Playbook, Menristek Bilang.... Kredit Foto: Rahmat Saepulloh

Komunitas Industri Kreatif Digital Indonesia (MIKTI) meluncurkan Digital Incubator Playbook. Peluncuran buku yang terdiri atas 6 Bab dan 221 halaman ini dihadiri oleh 80 peserta daring dan dibuka langsung oleh Menristek, Bambang P.S. Brojonegoro, Selasa, (1/12) lalu.

Menristek, Bambang Brojonegoro menjelaskan buku ini bisa menjadi manual bagi para inkubator di Indonesia yang saat ini perannya sangat dibutuhkan untuk mendukung dan menumbuhkembangkan kewirausahaan dalam bentuk start-up di Indonesia. 

Baca Juga: Kemenristek Sambut Positif Inovasi Produk Air Purifier Milik SCNP

"Peluang ekosistem start-up di dunia mencapai USD 3 triliun," katanya.

Jakarta termasuk ranking 2 emerging ekosistem di dunia, lebih baik dibanding Kualalumpur, Manila, dan Bangkok, tetapi belum diimbangi dengan jumlah wirausaha di Indonesian yang saat ini baru mencapai 3% dari jumlah penduduk. 

Lebih banyak warga Indonesia yang lebih memilih menjadi pekerja dibanding berwirausaha. Mindset inilah yang harus diubah. Di sinilah inkubator berperan. Inkubator harus mampu membimbing dan memberi pemahaman sehingga kewirausahaan di Indonesia dapat menjadi arus utama. 

Menurutnya, Start-up harus didefinisikan sebagai kewirausahaan berbasis terknologi. Meski demikian, sama seperti perusahaan lainnya, start-up tidak bisa imun terhadap pandemi Covid-19. Salah satu dampaknya adalah proses pendanaan melambat bahkan dibatalkan atau tidak direspons oleh investor. Akibatnya, terjadi pemutusan kerja. 

Berbeda dengan persaingan perusahan konvensional, di lingkaran start-up berlaku the winner wins all. Artinya, pemenang akan meraup sebagian besar pasar dan hanya menyisakan sedikit sehingga banyak start-up lain yang tidak bisa lanjut karena kalah bersaing. 

"Ke depan kita berharap pembangunan ekonomi itu berasal dari start-up yang berinovasi, bukan dari perusahaan konsesi," ujarnya.

Adapun Ketua Umum MIKTI, Joddy Hernandy menjelaskan Digital Incubator Playbook merupakan buku yang berisi panduan bagi inkubator bisnis digital di Indonesia, mulai dari merancang, mengelola, hingga mengevaluasi seluruh proses bisnis dalam inkubator. Buku ini merupakan ekstraksi pengetahuan dan pengalaman pengelolaan inkubator bisnis digital MIKTI yang dilengkapi dengan perspektif dari berbagai pihak lainnya

"Buku ini diharapkan dapat menjadi pengatahuan dan pengalaman yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain yang akan menyelenggarakan program inkubasi di bidang digital. Dengan demikian, dapat memunculkan start-up berkualitas, bahkan unicorn," jelasnya kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini