Ilmuwan Temukan Cara Produksi Oksigen di Planet Mars, Yang Benar?

Ilmuwan Temukan Cara Produksi Oksigen di Planet Mars, Yang Benar? Kredit Foto: Slash Gear

Ilmuwan akhirnya menemukan ide untuk memanfaatkan air beku bercampur garam di Planet Mars supaya bisa menjadi sumber bahan bakar dan oksigen. Bagaimana caranya?

Melansir Daily Mail, Kamis (3/12/2020), ilmuwan akan memakai listrik demi menghasilkan oksigen dan hidrogen dari air asin di planet itu. Yang menarik, hal itu sudah terbukti bisa berjalan di atmosfer Mars yang memiliki suhu -33 derajat Fahrenheit. 

"Alat pemecah air asin ini mengubah kalkulus logistik misi ke Mars dan sekelilingnya. Teknologi tersebut juga berfungsi untuk membuka lautan sebagai sumber oksigen dan bahan bakar layak," kata Perwakilan Universitas Washington, Vijay Ramani.

Baca Juga: Chat LINE Penuh OA? Gampang, Gunakan Fitur Folder Obrolan! Begini Caranya

Baca Juga: Subway Viral di Medsos, Ini Kisah Sukses Restoran Cepat Saji yang Sering Muncul di Drakor Itu

Lebih lanjut, pemecah air garam itu dapat melahirkan oksigen 25x lebih tinggi daripada Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment NASA yang meluncur ke Mars pada Juli 2020.

Ramani dan tim kini mulai merakit versi portabel yang akan terus beroperasi di Mars, "dan dapat berfungsi tanpa memanaskan atau memurnikan sumber air."

Perangkat itu memiliki dua sisi; satu untuk menciptakan ion hidroksil, sedangkan satunya lagi berguna untuk memproduksi oksigen.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini