Ganjar Keluar dari PDIP Jika Tak Direstui Megawati Nyapres?

Ganjar Keluar dari PDIP Jika Tak Direstui Megawati Nyapres? Foto: Sufri Yuliardi

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo digadang-gadang menjadi kandidat untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai Ganjar bisa saja terganjal restu dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju sebagai capres.

Ujang mengatakan, jika elektabilitas Ganjar Pranowo terus meningkat dan dirinya ternyata tidak mendapatkan restu dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam Pilpres 2024, bukan suatu yang mustahil jika nantinya Ganjar maju atau diusung parpol lain.

"Itu semuanya serba mungkin. Di politik itu selalu dinamis dan selalu cair. Biasanya partai-partai politik itu, partai manapun itu akan mencari sosok atau figur yang memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi. Kedua, kalau bisa tidak berkasus atau relatif kasusnya sedikit sehingga minim diserang oleh lawan politik," tuturnya, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga: Massa Pengantar Rizieq Bakal Diringkus, PA 212 Nantangin: Penjara Manapun Tak Bisa Tampung

Persoalan lain yang tidak kalah pelik adalah kemungkinan Ganjar bakal terganjal oleh restu Megawati. Ujang bahkan mengaku mendengar kabar Megawati kurang berkenan dengan meroketnya elektabilitas Ganjar.

"Kemarin saya dapat kabar dari orang dalam PDIP, dalam satu pertemuan dengan Megawati dan Ganjar, disitu ada Effendi Simbolon (politikus PDIP), dan ketika Ganjar masuk, Effendi Simbolon mengatakan, 'ini calon presiden kita'. Lalu Megawati mukanya langsung merah. Artinya tidak berkenan dalam konteks itu," tuturnya.

Ujang menilai, kejadian itu sudah bisa dijadikan sebagai indikasi bahwa Ganjar akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan restu politik dari Megawati Seokarnoputri sebagai pemegang kendali tertinggi di partai barlambang banteng moncong putih.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini