Percepat Proses Klaim Nasabah, Allianz Indonesia Maksimalkan Penggunaan AI

Percepat Proses Klaim Nasabah, Allianz Indonesia Maksimalkan Penggunaan AI Foto: Allianz

Allianz Indonesia konsisten mengembangkan ragam inovasi digital selama beberapa tahun terakhir. Mulai dari pembelian polis hingga pengajuan klaim, seluruh proses di Allianz telah berbasis digital dan dirancang untuk melayani Nasabah dengan efektif dan efisien.

Proses klaim merupakan moment of truth dari sebuah perusahaan asuransi. Itulah sebabnya, saat nasabah sedang mengalami risiko, Allianz Indonesia berusaha agar nasabah dapat tetap merasa tenang dan fokus pada proses pemulihan, dan tidak perlu khawatir tentang tagihan rumah sakit atau perawatan yang didapatkan.

Untuk memastikan proses klaim asuransi kesehatan dapat dilakukan secara cepat, Allianz Indonesia sepenuhnya melakukan otomasi proses klaim asuransi kesehatan–mulai dari pengajuan secara digital hingga proses pembayaran. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memproses lebih dari 95% klaim digital asuransi kesehatan dalam kurun waktu 48 jam.

Baca Juga: #ProteksiCumaCuma: Kolaborasi Allianz Indonesia dan GoPay

Lebih daripada itu, perusahaan juga meningkatkan performanya hingga saat ini. Lebih dari 30% klaim digital asuransi kesehatan telah berhasil dibayarkan dalam waktu 24 jam. Angka ini tentu jauh lebih baik dibandingkan proses manual yang bisa memakan waktu hingga tujuh hari kerja. Hingga Oktober 2020, Allianz Indonesia telah membayarkan sebanyak 150.000 kasus klaim, dengan total nilai klaim lebih dari Rp490 miliar.

Realisasi komitmen Allianz Indonesia ini tak luput dari peran Artificial Intelligence (AI). Seperti diketahui, AI atau kecerdasan buatan adalah simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya.

Teknologi AI yang dikembangkan oleh perusahaan sejak 2019 ini memberikan insight yang lebih dalam, membantu perusahaan memprediksi penjualan, mendukung pelayanan nasabah, hingga mempercepat analisis dan pengambilan keputusan di proses klaim.

Sejak diimplementasikan di tahun 2019, penggunaan teknologi AI ini turut berdampak positif terhadap peningkatan kepuasan Nasabah. Data terbaru di Oktober tahun ini, nasabah memberikan rating 4.4/5.0 untuk tingkat kepuasan nasabah (customer satisfaction score) terhadap layanan klaim asuransi kesehatan Allianz Indonesia.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini