Petugas Perbatasan Kanada: FBI Ngotot Banget Minta Hasil Interogasi Putri Miliarder China

Petugas Perbatasan Kanada: FBI Ngotot Banget Minta Hasil Interogasi Putri Miliarder China Kredit Foto: REUTERS/Jennifer Gauthier

Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat (AS) begitu gigih berusaha mengorek informasi tentang Kepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou--setelah penangkapan 'Putri Mahkota' miliarder China itu.

Begitulah kesaksian dari Kepala Operasional Penumpang Badan Layanan Perbatasan Kanada (CBSA) dalam persidangan ekstradisi Meng di Kanada, Rabu (9/12/2020) waktu setempat, dilansir dari Reuters, Kamis (10/12/2020).

"Atase hukum untuk FBI di Kanada sangat gigih meminta informasi interogasi CBSA terhadap Meng, serta riwayat perjalanannya di Kanada," kata Kepala Operasional Penumpang CBSA, Nicole Goodman.

Baca Juga: Baiknya Diapresiasi, China Terang-terangan Ingin Buka Hubungan Lagi dengan AS

Baca Juga: Mantap Jiwa! Habis Lepas Landas ke Bulan, China Kini Punya 'Matahari' Buatan

Lebih lanjut, dengan level jabatan saat ini, Goodman mengaku tak punya hak membagikan informasi interogasi putri miliarder China, Ren Zhengfei tersebut.

Ia berujar, "Saya tak akan pernah memberikan informasi ke FBI, pada level (jabatan) saya."

Sekadar informasi, penangkapan Meng telah berlangsung pada Desember 2018 di Bandara Vancouver, Kanada atas perintah AS. Ia menghadapi tuduhan penipuan bank yang berujung pelanggaran sanksi AS oleh Bank HSBC.

Tim kuasa hukum Meng berpikir kalau pihak berwenang AS dan Kanada bersekongkol sebelum menangkap Meng; melakukan investigasi lanjutan dari CBSA tanpa kehadiran pengacara Meng.

Di sisi lain, Jaksa Penuntut tetap kekeuh kalau penangkapan Meng dan investigasi CBSA itu sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Asal tahu saja, karena kasus penangkapan itu, hubungan China, AS, dan Kanada pun terkena dampaknya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini