Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Organic Marketing?

Apa Itu Organic Marketing? Kredit Foto: Unsplash/ Scott Graham
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dunia pemasaran telah berubah secara drastis selama sepuluh tahun terakhir. Teknologi baru telah membuka pintu dalam menjangkau strategi pemasaran kreatif dan biaya per akuisisi klien menjadi lebih rendah secara eksponensial karena lebih banyak platform bersaing untuk mendapatkan perhatian pengguna mereka.

Organic marketing atau pemasaran organik mengacu pada segala bentuk pemasaran digital yang tidak melibatkan iklan berbayar. Cara ini paling sering dilihat sebagai penggunaan media sosial dan pembuatan konten artikel, tetapi juga mencakup berbagai saluran seperti sharing video, menggunakan influencer, dan SEO.

Baca Juga: KOL Stories x Denny Santoso: Updating Digital Marketing Strategy in Uncertain Times

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan fitur dan manfaat dari pemasaran organik, serta membagikan beberapa informasi praktis tentang bagaimana pemasaran organik dapat digunakan dalam bisnis Anda.

Organic Marketing, Pemasaran Non-Berbayar

Strategi pemasaran organik menghasilkan trafik ke bisnis Anda secara alami dari waktu ke waktu, daripada menggunakan iklan berbayar atau postingan bersponsor. Pemasaran organic terdiri dari postingan blog, konten situs, postingan tamu, tweet, dan update Facebook. Selain itu, email sharing juga merupakan pemasaran organik. Begitu pula kampanye konten buatan pengguna yang Anda luncurkan di halaman web.

Strategi ini tidak akan menghabiskan tagihan belanjaan Anda. Faktanya, menginvestasikan waktu dan energi dalam mengembangkan strategi pemasaran organik adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk memastikan kesuksesan jangka panjang kehadiran bisnis digital Anda. Strategi ini adalah salah satu cara yang paling efektif dalam membangun audiens dan basis penggemar otentik untuk produk atau layanan Anda. Butuh lebih banyak waktu, konsistensi, dan kesabaran untuk bisa berhasil, tetapi upaya ekstra tersebut sepadan dengan hasil yang didapatkan.

Definisi pemasaran organik mengacu pada tindakan yang membuat pelanggan datang kepada Anda secara alami dari waktu ke waktu, bukan 'secara artifisial' melalui link berbayar atau postingan berbayar. Cara ini mencakup segala sesuatu yang langsung, naluriah, dan tentunya dengan pengecualian alat pemasaran berbayar.

Alat pemasaran berbayar, seperti iklan link berbayar, dianggap sebagai pemasaran anorganik. Jika Anda telah mencurahkan seluruh tenaga dan keringat untuk merevisi dan membangun interface pengguna Anda seperti memelihara akun Twitter dan Facebook, membangun daftar email, dan meningkatkan SEO, Anda sudah melakukan pemasaran organik. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat mengapa cara ini efektif dan bagaimana Anda dapat melakukannya dengan lebih baik.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Organic Marketing?

Strategi pemasaran organik membawa pelanggan ke bisnis Anda secara alami dari waktu ke waktu. Alih-alih langsung beriklan ke target audiens, Anda dapat menarik mereka dengan memberikan informasi yang mereka cari. Proses ini juga dikenal sebagai inbound marketing atau pemasaran konten.

Dengan demikian, tidak ada jalur cepat menuju hasil yang optimal. Menerapkan strategi pemasaran organik tidak akan meningkatkan trafik web Anda dalam semalam. Faktanya, perlu waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk melihat hasil yang Anda cari.

Pemasaran organik yang efektif menciptakan sumber trafik permanen ke situs web Anda. Sumber ini dapat berupa halaman dan postingan blog yang dapat ditemukan melalui pencarian, postingan tamu, pembaruan media sosial yang menautkan kembali ke situs web Anda, dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Organik Marketing

Platform yang paling tepat untuk bisnis Anda sangat bergantung pada target pasar Anda dan produk atau layanan yang dijual. Platform di bawah ini adalah yang paling dikenal luas dan paling mungkin digunakan dalam strategi pemasaran organik Anda.

Facebook

Sebagai jejaring sosial terbesar, Facebook menawarkan berbagai kemudahan bagi pemasar untuk terhubung dengan pelanggan mereka tanpa iklan berbayar. Selain memiliki halaman bisnis, pemilik bisnis dapat bergabung dengan grup untuk terhubung dengan orang lain yang berada di segmennya, membuat grup untuk membangun otoritas sebagai ahli bisnis, membeli dan menjual langsung di marketplace, dan mengelola event tanpa mengeluarkan biaya.

Pemasaran organik di Facebook dapat didukung oleh iklan Facebook berbayar sehingga dapat meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran apapun.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: