Keren! Ilmuwan Temukan Cara Ciptakan Oksigen di Mars!!

Keren! Ilmuwan Temukan Cara Ciptakan Oksigen di Mars!! Kredit Foto: NASA/GSFC

Para ilmuwan terus meneliti potensi tanda kehidupan di luar Bumi. Berkat hal itu, Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengaku berhasil mencari tahu cara membuat oksigen di Mars.

Asal tahu saja, NASA berniat memboyong astronotnya ke Mars pada 2030. Akan tetap, lembaga itu belum tahu strategi untuk membawa okisgen serta bahan bakar yang dapat menunjang misi hingga akhir.

Nah, untuk memecahkan masalah itu, NASA berencana menggunakan Mars Oxygen in Situ Recource Utilization Experiment alias MOXIE yang sudah masuk tahap uji coba pada Juli 2020.

Baca Juga: Petugas Perbatasan Kanada: FBI Ngotot Banget Minta Hasil Interogasi Putri Miliarder China

Baca Juga: Setelah Facebook Kena Gugat, Instagram dan Facebook Messenger Down

Uji coba itu berlangsung bersama peluncuran rover Mars Perseverance. Nantinya, jika uji coba berhasil, maka MOXIE dapat mengubah karbondiaoksida--96% dari gas di atmosfer Mars--menjadi oksigen.

Mengutip lamanĀ Science Slashdot, Kamis (10/12/2020), di Mars hanya ada 0,13% oksigen--sangat jauh dengan kandungan oksigen di atmosfer Bumi (21%).

Dalam analogi, MOXIE akan berfungsi layaknya pohon yang menciptakan oksigen di Bumi. Sistemnya bisa menarik karbondioksida Mars lewat pompa, lalu memisahkan atom-atom oksigen dari molekul unsur tersebut.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini