Amerika Masih Saja Tekan China, Kali Ini Mau Cabut Izin Perusahaan China di Bidang ....

Amerika Masih Saja Tekan China, Kali Ini Mau Cabut Izin Perusahaan China di Bidang .... Kredit Foto: Unsplash/Austin Distel

Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC AS) mulai memproses pencabutan izin operasi salah satu operator telekomunikasi China di AS.

Mengutip Reuters, Jumat (11/12/2020), operator itu adalah China Telecom. Menurut Ketua FCC, Ajit Pai, sejumlah badan pemerintah AS merekomendasikan pencabutan izin karena masalah keamanan nasional.

"Ada kekhawatiran signifikan kalau China Telecom akan terpaksa memenuhi permintaan informasi pemerintah China, termasuk penyadapan komunikasi," ujar Pai.

Baca Juga: Apa Kabar Kesiapan Jaringan 5G di Indonesia? Pak Menkominfo Buka Suara

Baca Juga: Pre-Order iPhone 12 di iBox Mulai Hari Ini! Ini Daftar Harganya

Padahal, sebelumnya China Telecom sudah mengantongi izin menggelar layanan telekomunikasi di AS selama hampir 20 tahun.

Belum ada komentar dari China Telecom Americas perihal isu pencabutan izin operasional itu.

Pada April 2020, FCC memang sudah memperingatkan pencabutan izin operasional tiga perusahaan telekomunikasi nasional China--meliputi China Telecom Americas, China Unicom Americas, dan Pacifiv Networks Corp milik ComNet LLC. Departemen Kehakiman AS dan badan federal lain pun meminta FCC mencabut lisensi China Telecom.

Bahkan, FCC menolak permohonan China Mobile Ltd untuk menyediakan layanan telekomunikasi di AS pada Mei 2019. Tak cuma itu, FCC juga mementalkan petisi Huawei yang protes karena lembaga itu menggolongkan Huawei sebagai ancaman nasional.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini