Sempat Kritis di RS, PM Eswatini Ambrose Diamini Wafat Akibat Covid-19

Sempat Kritis di RS, PM Eswatini Ambrose Diamini Wafat Akibat Covid-19 Kredit Foto: Unsplash/Glen Carrie

Perdana Menteri Eswatini Ambrose Dlamini, meninggal dunia di usia 52 tahun setelah dirawat di rumah sakit di Afrika Selatan, demikian diumumkan pemerintah Eswatini pada Minggu (13/12/2020) malam. Diamini telah diuji positif Covid-19 empat pekan lalu.

“Yang Mulia (Raja) telah memerintahkan agar saya memberi tahu Bangsa tentang kesedihan dan meninggalnya Yang Mulia Perdana Menteri Ambrose Mandvulo Dlamini. Yang Mulia (Diamini) meninggal sore ini saat menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di Afrika Selatan,” demikian disampaikan Wakil Perdana Menteri Themba Masuku dalam sebuah pernyataan, Minggu.

Baca Juga: Alhamdulillah, Korsel Suntik Dana Bantuan Rp995 M buat Afrika

Diwartakan Reuters, Dlamini dipindahkan ke Afrika Selatan pada 1 Desember, untuk "memandu dan mempercepat pemulihannya," dari Covid-19. Saat itu Masuku mengatakan Dlamini dalam keadaan stabil dan merespon pengobatan dengan baik.

Dlamini diangkat sebagai perdana menteri pada November 2018, setelah menjabat sebagai CEO MTN Eswatini. Ia telah bekerja di industri perbankan selama lebih dari 18 tahun, termasuk sebagai direktur utama Eswatini Nedbank Limited.

pm-eswatini-meninggal-dunia-setelah-dites-positif-covid-19-wK7mzK8MxZ.jpg

Eswatini, yang dulu bernama Swaziland, adalah negara monarki absolut terakhir di dunia.

Negara berpenduduk 1,2 juta jiwa di bagian selatan Afrika itu sejauh ini mencatat 6.768 kasus positif Covid-19, dengan 127 kematian yang dikonfirmasi, menurut data kementerian kesehatannya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini