Tak Hanya Dimiliki Indonesia, Ini Deretan Miliarder Dunia dari Bisnis Rokok

Tak Hanya Dimiliki Indonesia, Ini Deretan Miliarder Dunia dari Bisnis Rokok Kredit Foto: Bea Cukai

Orang terkaya No. 1 di Indonesia ialah Hartono Bersaudara yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Mereka adalah konglomerat dari Djarum Group yang sebagian besar lini usahanya berawal dari bisnis rokok.

Namun, menurut data Forbes, mayoritas negara maju daftar orang terkayanya adalah pengusaha di bidang teknologi. Meski demikian, orang-orang ini tetap menjadi orang kaya di negara maju lho meski berbisnis rokok! Siapa mereka?

Mereka ialah Huang Bingwen, pria asal Australia dan John Middleton asal Amerika Serikat (AS). Huang Bingwen adalah pengusaha asal Australia dengan kekayaan mencapai USD1 miliar atau Rp14 triliun.

Baca Juga: Selisih Jauh Ratusan Triliun, Harta Kekayaan Hartono Bersaudara Sulit Dikejar!

Sumber kekayaannya berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang kemasan rokok bernama Shantou Dongfeng. Selain itu, perusahaan ini sudah go public di bursa efek Shanghai pada 2012.

Sementara itu, John Middleton memiliki kekayaan bersih mencapai USD2,7 miliar atau sekitar Rp37,8 triliun yang sebagian besar kekayaannya berasal dari bisnis tembakau. Namun, pada tahun 2007, Middleton menjual bisnis tembakau keluarganya kepada Philip Morris seharga USD2,9 miliar, yaitu John Middleton Inc.

John Middleton Inc didirikan pada tahun 1856 sebagai toko eceran tembakau kecil di Philadelphia oleh kakek buyut John Middleton. Perusahaan ini pun mulai berproduksi pada tahun 1950-an. Sayangnya, pada akhir dekade itu bisnis ritelnya ditutup dan fokus pada pembuatan produk tembakau.

Meski bukan menjadi orang terkaya di negaranya, tetapi dua miliarder tersebut kekayaannya bersumber dari industri rokok.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini