Bukan Hanya di Indonesia, YouTube Juga Nge-Down di AS dan Eropa

Bukan Hanya di Indonesia, YouTube Juga Nge-Down di AS dan Eropa Foto: Antara/Dado Ruvic

Tim YouTube memberikan penjelasan setelah laman berbagi video itu mengalami down pada Senin petang.

"Kami menyadari bahwa banyak dari Anda yang mengalami masalah saat mengakses YouTube -- tim kami telah menyadarinya dan menyelidikinya," cuit @TeamYouTube, Senin.

Tim YouTube berjanji akan segera memberi kabar setelah mendapatkan informasi lebih lanjut. Youtube tidak dapat diakses sekira pukul 18.25 WIB. Selain itu, sejumlah layanan Google meliputi mesin pencari Google, Google Meet, Google Hangouts, Google Play dan Gmail juga tidak bisa diakses.

Menurut laman Downdetector, sebesar 51 persen laporan terkait YouTube yang masuk adalah keluhan mengenai tidak bisa mengakses website (51 persen), diikuti tidak bisa memuat video (45 persen), sedangkan sisanya tidak bisa log-in.

Dalam peta pada laman Downdetector, terlihat beberapa titik gangguan YouTube meliputi Singapura, Thailand, Inggris, Jerman, Polandia, Prancis, Australia dan Amerika Serikat.

Sedangkan gangguan pada layanan Gmail dimulai pada pukul 18.34 WIB, adapun gangguan pada layanan mesin pencarian Google sudah dimulai sejak pukul 18.23 WIB menurut Downdetector. Tagar #YouTubeDOWN, Google dan Gmail menjadi trending topik di jejaring sosial Twitter.

Sekitar 19.40 WIB, laman YouTube telah dapat diakses baik di mobile maupun di peramban web. Demikian pula dengan Gmail yang telah kembali normal.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini