Ramai Isu Bahaya Penggunaan Kemasan Galon, Asdamindo Duga Motifnya Persaingan Bisnis

Ramai Isu Bahaya Penggunaan Kemasan Galon, Asdamindo Duga Motifnya Persaingan Bisnis Kredit Foto: Istimewa

Menanggapi ramainya upaya isu bahaya penggunaan kemasan galon untuk wadah air minum, Ketua Asosiasi di Bidang Pengawasan dan Perlindungan terhadap Para Pengusaha Depot Air Minum (Asdamindo), Erik Garnadi menyesalkan hal tersebut. Ada isu negatif tentang kemasan galon dari bahan polikarbonat (PC) yang selama ini digunakan oleh anggota Asdamindo.

Erik mencurigai adanya motif persaingan bisnis untuk menjelekkan produk yang menggunakan galon PC sebagai kemasan air. Hal ini bisa merugikan industri air minum isi ulang dengan ribuan pengusaha kecil yang menjalani usaha ini.

Erik menjelaskan usaha depot air minum telah dilindungi oleh UU. "Berdasarkan Permenkes No 43 Tahun 2014 tentang Higienis dan Sanitasi Depot Air Minum, kami menjalankan usaha dengan aturan kesehatan yang ketat. Juga ada aturan yang diterbitkan Kemenperin dan Kemendag Nomor 651/MPP/KEP/10-2004 tentang Persyaratan Teknis Air Minum dan Perdagangan Menteri Perindustrian dan Perdagangan, termasuk penggunaan kemasan galon berbahan polycarbonate (PC)," jelasnya.

Baca Juga: Terawan: Daftar 6 Vaksin Covid-19 Masih Bisa Berubah

Erik juga menegaskan bahwa pihaknya selalu mengimbau anggotanya untuk menaati aturan dan standar kesehatan sarana dan prasarana depot air isi ulang. "Kami juga selalu mengimbau pada seluruh anggota, untuk selalu menaati aturan dan standar kesehatan sarana dan prasarana depot air isi ulang agar terhindar dari masalah," tegas Erik.

Tak hanya itu, masalah pengawasan dari dinas terkait khususnya Badan Penanaman Modal Satu Pintu (BPMSP) dari Pemprov dan Pemkab masih minim. "Kami ini bekerja membantu pemerintah menyediakan air minum untuk masyarakat luas, namun kurang mendapat dukungan," imbuh Erik.

Karena itu, ia juga berharap ke depannya isu-isu terkait dengan BPA atau hal-hal yang tidak berdasar lainnya tidak lagi dikaitkan dengan kemasan galon berbahan PC. Sebab, kehadiran galon guna ulang di tengah masyarakat saat ini tentunya telah melewati proses quality control dan standar kesehatan yang ditetapkan. Faktanya, galon berbahan PC sudah dikonsumsi masyarakat selama puluhan tahun secara aman.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini