Peringatan Bill Gates Soal Pandemi Berikutnya: Kita Butuh 3.000 Ahli dari Seluruh Dunia

Peringatan Bill Gates Soal Pandemi Berikutnya: Kita Butuh 3.000 Ahli dari Seluruh Dunia Kredit Foto: Reuters/Arnd Wiegmann

Pendiri Microsoft Bill Gates sempat memperingati soal pandemi dalam TED Talk pada tahun 2015 lalu. Kini di tahun 2020, di tengah pandemi Covid-19, Bill Gates kembali memperingatkan soal pandemi berikutnya.

"Kita semua harus melihat apa yang telah kita pelajari dari epidemi ini, karena akan ada epidemi lain yang akan datang," kata Gates kepada Jake Tapper dari CNN di "State of the Union".

Dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Rabu (16/12/2020) saat ditanya apa yang bisa dilakukan oleh pemerintahan Joe Biden untuk mempersiapkan diri menghadapi pandemi, Gates menekankan dibutuhkan sekelompok pakar penyakit menular global, lebih banyak tes pengujian dan komunikasi yang lebih baik pada publik.

Baca Juga: Sibuk Koar-koar Pentingnya Vaksin, Bill Gates Bakal Disuntik Vaksin Corona Gak?

"Kami membutuhkan tim ahli, seperti 3.000 dari mereka di seluruh dunia, yang menangani penyakit menular," kata Gates. "Ketika ada tanda-tanda pandemi, dengan keahlian mereka, mereka akan pindah dan fokus pada itu.”

Pada sebuah survei pada tahun 2018, ditemukan ada 9.136 dokter penyakit menular di Amerika Serikat (AS). Selain tim yang lebih baik, Gates mengatakan bahwa pengawasan yang lebih baik, seperti peningkatan pengujian, akan memungkinkan AS untuk lebih siap.

Hal lain yang perlu diperbaiki adalah CDC atau para ahli untuk memberikan pesan kepada publik, tidak takut dengan berita buruk, sehingga membuat orang siap. Gates yakin kedepannya orang-orang akan lebih baik dan lebih pintar.

Sebagaimana diketahui, Gates telah menjadi kritikus blak-blakan terhadap pandemi Covid-19 di AS. Yayasan Bill dan Melinda Gates juga telah menyumbangkan USD1,75 miliar untuk tanggapan Covid-19 global.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terkini