Mengelola Pelanggan di Tengah Era Disrupsi Digital dan Pandemi Covid-19

Mengelola Pelanggan di Tengah Era Disrupsi Digital dan Pandemi Covid-19 Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Disrupsi digital dan wabah pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis sehingga para pengelola produk dan merek harus melakukan adaptasi dan memiliki strategi baru agar bisnisnya tetap berkelanjutan. Pengelola produk dan merek pun ditantang untuk melakukan berbagai terobosan agar mampu memenuhi tuntutan pelanggan yang makin dinamis sekaligus untuk memenangkan persaingan bisnis. 

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, tidak sedikit para pengelola produk dan merek yang dipaksa memanfaatkan momentum ini untuk mempercepat proses transformasi digital. Dengan digitalisasi, proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien dari sebelumnya sehingga mereka mampu mengelola customer experience yang positif dan mencetak profit bisnis yang signifikan.  Baca Juga: Merek Harus Menawarkan Pengalaman Berbelanja Online dan Offline

Pentingnya mengelola customer experience di tengah tantangan disrupsi digital dan pandemi ini mendorong Majalah SWA dan Business Digest (lembaga survei Grup SWA) menyelenggarakan sebuah acara webinar dan virtual awarding dengan tema New Strategies in Managing Customer Experience: How to Respond Digital Disruption and Pandemic Challenge. 

Acara ini diselenggarakan untuk memberikan inspirasi dan sharing knowledge dari para pakar dan pimpinan perusahaan dalam mengelola perusahaan mereka untuk menghadapi tantangan digitalisasi dan pandemi. Selain itu, acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap merek-merek yang berhasil menjadi pemenang dalam dua ajang bergengsi, yaitu Indonesia Customer Experience Award dan Indonesia Best Digital Marketing Champions 2020.

“Kami berharap para peserta bisa mendapatkan pembelajaran yang berharga melalui webinar ini. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan kami yakin prestasi yang diraih oleh para pemenang dalam dua ajang ini bermanfaat untuk dunia bisnis di Indonesia,”  ujar Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Group, Kamis (17/12/2020). 

Indonesia Customer Experience Award adalah penghargaan yang diberikan kepada merek yang meraih indeks tertinggi pada survei Indonesia Customer Experience Index (ICX Index). Survei ini dilakukan di 6 kota utama, yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan Makassar dengan melibatkan 3.000 responden. 

Survei ini menggunakan 4 variabel yang meliputi aspek kognitif, afektif, perilaku, dan sosial. Dalam survei ini, responden diminta menilai merek-merek yang pernah mereka gunakan berdasarkan 4 variabel di atas dalam skala 1-10. Dari survei yang dilakukan dengan metode kombinasi antara face to face interview dan telesurvey ini berhasil menjaring 316 merek dari 110 kategori produk. 

Merek dengan ICX Index paling tinggi di masing-masing kategori produk, keluar sebagai merek juara dan meraih penghargaan. Misalnya, OVO adalah juara pertama untuk kategori Digital Payment dan LM Antam adalah juara pertama untuk kategori Logam Mulia (Emas Batangan). Caroline Setiabudi (Head of Product Marketing OVO), Iwan Dahlan (VP Presious Metal Sales & Marketing PT Antam Tbk UBPP Logam Mulia), dan  Prof. Agus W. Soehadi (Wakil Rektor 1 Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya) menjadi panelis dalam sesi pertama webinar ini. 

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini