Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Search Engine Marketing?

Apa Itu Search Engine Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemasaran mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu upaya paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda di pasar yang semakin kompetitif. Dengan jutaan bisnis di luar sana yang semuanya bersaing untuk mendapatkan pasar yang sama, menjadi penting bagi Anda untuk beriklan menggunakan platform digital, dan pemasaran mesin pencari adalah cara yang paling efektif untuk mempromosikan produk serta mengembangkan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari gambaran umum tentang dasar-dasar pemasaran mesin pencari (SEM) serta beberapa tip dan strategi untuk melakukan pemasaran mesin pencari dengan benar.

Baca Juga: Apa Itu Paid Marketing?

SEM, Sebuah Cara Dalam Digital Marketing

SEM, atau pemasaran mesin pencari, adalah sebuah cara menggunakan strategi berbayar untuk meningkatkan visibilitas pencarian. Di masa lalu, pemasaran mesin pencari adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan pencarian berbayar. Tapi sekarang, definisi dari SEM hampir selalu mengacu pada pemasaran pencarian berbayar.

Dengan SEM, sebuah brand membayar agar iklan dapat muncul sebagai hasil pencarian di halaman hasil mesin pencari (SERP). Sebuah brand akan menggunakan kata kunci tertentu sehingga ketika pengguna sedang menelusuri istilah tersebut, mereka langsung dapat melihat iklan dari brand tersebut. Brand hanya dikenakan biaya jika pengguna mengklik iklan.

Iklan ini, atau yang sering dikenal dengan istilah iklan bayar per klik (PPC), hadir dalam berbagai format. Beberapa diantaranya merupakan iklan kecil berbasis teks, sedangkan bentuk yang lain, seperti iklan cantuman produk (PLA, juga dikenal sebagai iklan Shopping) adalah iklan berbasis produk yang lebih menekankan pada visual untuk membantu konsumen melihat informasi penting dalam sekejap, seperti harga dan ulasan produk.

Iklan pencarian berbayar dapat ditemukan di hampir setiap halaman hasil pencarian. Penempatan iklan berbayar ini biasanya terletak di bagian atas dan bawah halaman. Mereka menyertakan sebutan "Iklan" atau “Ads” untuk memberitahu pengguna bahwa ini adalah penempatan untuk iklan berbayar.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: