Danone Gandeng Google, Perkuat UMKM Milik Perempuan

Danone Gandeng Google, Perkuat UMKM Milik Perempuan Foto: Antara/Fauzan

UMKM menjadi salah satu faktor pendukung untuk meningkatkan ekonomi. Namun, untuk mengoptimalkan peran UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Nasional diperlukan kerja keras dari banyak pihak.

Data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa porsi UMKM yang dikelola perempuan sebanyak 64,5% dari total UMKM Indonesia di 2018 atau mencapai 37 juta UMKM. Saat ini, sebagian besar usaha yang dijalankan perempuan masih bergerak di sektor mikro, informal bahkan ultra mikro yang tidak memiliki akses ke dunia digital.

Untuk mempercepat digitalisasi UMKM, Danone-Indonesia bekerja sama dengan Google Indonesia melalui program Women Will memberikan dukungan edukasi literasi digital kepada mitra mikro bisnisnya seperti Aqua Home Service dan Warung Anak Sehat.

Baca Juga: Bela Wong Cilik, Bank Syariah Indonesia Bakal Kembangkan UMKM

"Perubahan perilaku dan orientasi masyarakat selama pandemi menunjukkan bahwa usaha yang terhubung dengan ekosistem digital mampu beradaptasi, bertahan bahkan berkembang bisnisnya. Oleh karena itu, Kemenkop-UKM mendorong perempuan yang jumlahnya mendominasi pelaku UMKM mikro untuk menguasai keterampilan bisnis digital. Untuk mempercepat transformasi menuju 10 juta UMKM go digital, kerja sama antarpemerintah, lembaga, institusi dan pihak swasta sangat diperlukan," kata Destry Anna Sari, Asisten Deputi Pemasaran, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kemenkop-UKM, Jumat (18/12/2020).

Danone-Indonesia memiliki program pemberdayaan perempuan, salah satunya dalam hal pembinaan UMKM dalam pemenuhan hidrasi dan nutrisi, antara lain Aqua Home Service (AHS), unit bisnis Danone-Aqua yang bertujuan untuk memberdayakan para ibu rumah tangga dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan mendapatkan pemasukan dengan berjualan Aqua galon.

Sedangkan, Warung Anak Sehat (WAS) merupakan program dari Danone Specialized Nutrition terkait pembinaan kepada ibu pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia untuk membantu pelaku usaha kecil (kantin sekolah), membangun kesadaran dan pentingnya gaya hidup sehat terutama untuk anak usia 5-12 tahun dan membantu anak Indonesia menjadi generasi maju melalui penyediaan variasi pangan sehat. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini