Dukung Kemandirian Ternak, BPPSDMP Adakan Pelatihan Peternakan bagi Petani Milenial

Dukung Kemandirian Ternak, BPPSDMP Adakan Pelatihan Peternakan bagi Petani Milenial Kredit Foto: Istimewa

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan mengatakan bahwa pembangunan pertanian harus selalu ditingkatkan.

"Selama lima tahun ke depan fokus utama Kementan adalah pengembangan komoditas strategis melalui peningkatan produksi komoditas utama 7% per tahun, penurunan losses dari 12% menjadi 5%, Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) atau peningkatan ekspor 300%, dan pemanfaatan KUR pertanian Rp50 triliun per tahun," papar Syahrul.

Baca Juga: Generasi Milenial Tanah Laut Diajak Garap Pertanian Lewat Program YESS

Sebagai salah satu komoditas utama, sektor peternakan menjadi fokus utama Kementan. Upaya peningkatan produksi ternak dan modifikasi genetik ternak pun perlu dilakukan guna mencapai swasembada daging.

Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu provinsi yang siap mensupport peningkatan produktivitas peternakan. Hal ini  telah dibuktikan dengan keberhasilan NTT untuk memenuhi ebutuhan daging nasional. 

Sebagai langkah nyata dukungan terhadap peningkatan produksi ternak, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengungkapkan pentingnya dukungan SDM.

"Perlu adanya upaya terus menerus menggenjot pembentukan sdm peternakan unggulan, maju, mandiri dan profesional untuk mengelola budidaya ternak dengan baik. Dan yang tak kalah  penting adalah mencetak wirausaha ternak berdaya saing melalui lembaga pendidikan", kata Dedi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini