Penting! Raditya Dika Ingatkan Pentingnya Terbuka Soal Keuangan dengan Pasangan

Penting! Raditya Dika Ingatkan Pentingnya Terbuka Soal Keuangan dengan Pasangan Kredit Foto: Instagram/anissaaziza

Pembahasan soal finansial selalu menarik bagi Raditya Dika bersama Ligwina Hananto, seorang financial planner. Pasalnya, keuangan itu tak hanya harus disimpan sendiri, tetapi juga harus dibicarakan kepada pasangan.

Menurut Ligwina, membahas finansial harus dilakukan dari sebelum menikah yaitu saat masih berpacaran agar tidak 'membeli kucing dalam karung'. Pasalnya, orang yang memiliki sifat boros masih bisa berubah tetapi tabiat asli tidak bisa dikendalikan. Jika pasangan memiliki tabiat A, harus dilihat apakah bisa diterima atau tidak, serta bagaimana konsekuensinya.

Sayangnya, tak semua pasangan terbuka soal keuangannya. Padahal, hal itu perlu dilakukan karena penyebab pertengkaran rumah tangga yang paling besar adalah soal keuangan. Ligwina menambahkan bahwa seharusnya diskusi soal uang bisa lebih mudah daripada soal cinta.

Baca Juga: Hidup Minimalis Jadi Kunci Kaya Raya bagi Raditya Dika, Begini Tipsnya!

Lebih lanjut, Ligwina bercerita bahwa isu terbesar bagi pria adalah: Bagaimana membicarakan ke pasangan bahwa ia memiliki tanggungan kepada orang tua?

Sementara isu terbesar bagi wanita adalah: Bagaimana jika gaji pasangannya lebih kecil darinya tetapi meminta untuk berhenti bekerja?

Wanita sering takut membahas itu karena khawatir dianggap materialistis. Sementara pria takut durhaka kepada orang tua. Menurut Ligwina, ini tak hanya soal keuangan, tetapi juga budaya. Jika budaya keuangan di keluarganya A, maka masalahnya pun akan terbawa sampai pernikahan. Jika dikeluarga sering meminjamkan uang maka masalahnya akan ikut.

"Aku tuh selalu percaya uang itu bukan masalah, karena semuanya bisa dihitung. Sementara, masalahnya adalah pengambilan keputusan tidak memakai itu (red: perhitungan) tetapi emosi," ujar Ligwina.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini