Libur Akhir Tahun, Pemesanan Hotel di Tiket.com Meroket 118%

Libur Akhir Tahun, Pemesanan Hotel di Tiket.com Meroket 118% Kredit Foto: Tiket.com

Perusahaan Online Travel Agent (OTA) di Indonesia, tiket.com sukses menggelar ajang OTW LOKAL sebagai bagian dari upaya nyata untuk menghadirkan serangkaian program promosi inovatif guna dorong angka transaksi industri pariwisata pada Q4 2020.

Hal ini terbukti dengan volume transaksi di bulan November untuk pemesanan hotel dengan tujuan utama, Bali dan Yogyakarta, yang mencapai angka tertinggi di tahun 2020 serta transaksi pembelian tiket penerbangan untuk rute favorit, yang meningkat 8 kali lipat bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.    

Dalam acara virtual akhir tahun, belum lama ini, di Jakarta, Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, memaparkan rangkaian prestasi yang diukir pada Q4, yaitu per November 2020, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67% dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56% dibandingkan dengan data Q3 2020.

“Prestasi ini mengukuhkan peran tiket.com sebagai pioneer OTA Indonesia yang siap menjadi yang pertama membantu pemerintah membangkitkan pariwisata nasional dan menggerakan ekonomi nasional, membantu sodara-sodara kita yang bekerja di sektor dan sub-sektor pariwisata untuk kembali  tersenyum dan berjaya seperti sebelumnya," ujarnya. Baca Juga: Ini Dia 6 Ide Seru yang Patut Dicoba Buat Isi Liburan Nataru di Era Pandemi

Adapun di bulan November, permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata, seperti Bali dan Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun 2020, hingga melonjaknya transaksi harian pemesanan hotel yang mencapai 118% bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW LOKAL.   

"Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember (74%), liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari (20%), sisanya untuk sepanjang 2021. Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta," ungkapnya.

Sementara OTW LOKAL berikan kontribusi 8 kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya. Ini menujukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya.

Transaksi harian pembelian tiket pesawat pun naik tajam hingga 60% dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW LOKAL berlangsung. Sebanyak 79% tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember untuk penerbangan ke TOP 5 destinasi wisata, yaitu: Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta.

Lalu, 20% dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW LOKAL kemarin, dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021.

Tren ini pun dirasakan oleh I Ketut Alam Wangsawijaya, EVP Transaction Banking Business Development, PT Bank Central Asia Tbk. Dia menjelaskan bahwa pada Q4, pihakmya melihat bahwa pembelanjaan kategori travel mengalami peningkatan dibandingkan kuartal sebelumnya.

"Travel memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat termasuk nasabah BCA, namun demikian dalam kondisi pandemi diharapkan masyarakat maupun pelaku industri diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga tetap aman dan nyaman. Untuk kemudahan  dalam pemilihan keperluan travel, beragam inovasi kemudahan pun diluncurkan oleh BCA, salah satunya adalah fitur pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api pada mobile banking BCA, yang kami beri nama Mobile BCA Lifestyle,” tambah Ketut.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini