Urai Kemacetan, Penyeberangan Ketapang-Lembar Resmi Beroperasi

Urai Kemacetan, Penyeberangan Ketapang-Lembar Resmi Beroperasi Kredit Foto: LinkAja

Penyebarangan rute Ketapang, Banyuwangi menuju Lembar, Lombok resmi beroperasi. Penyeberangan ini untuk mengurai kemacetan di Bali. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan lintasan baru ini pun merupakan rute penyeberangan jarak jauh ketiga setelah Surabaya-Lembar dan Jakarta-Surabaya.

"Lintas Ketapang-Lembar ini dapat mendukung pembangunan daerah sekitar Ketapang dan Lembar dengan memunculkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru," kata Budi pada akhir pekan lalu.

Budi pun memastikan penyeberangan ini juga mendukung pembangunan nasional secara keseluruhan, mendukung pertumbuhan dan pelayanan sektor lainnya, seperti pariwisata di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), serta memberikan multiplier effect pada perekonomian di Jawa Timur dan NTB.

Baca Juga: Jaga Kualitas Lingkungan, Pertamina EP Bangun Jembatan 350 Meter

Budi mengungkapkan untuk lintas ini sudah tersedia tujuh kapal dari tujuh operator yang sebagian besar berdomisili di Pelabuhan Lembar. Saat ini sudah siap untuk dilakukan pemberangkatan perdana.

Antara lain KMP Jambo X, KMP Liputan XII, KMP Portlink VII, KMP Dharma Ferry VIII, KMP Munic VII, KMP Parama Kalyani, dan KMP Swarna Cakra. Dengan kapal tersebut, jarak sejauh 125 mil dapat ditempuh dengan sailing time 12,5 jam, waktu pelayanan tiga jam.

Budi menambahkan per hari ada delapan trip, dengan jadwal tetap dan teratur. Dengan demikian, pemanfaatan waktu dan harga pun menjadi lebih efisien.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini