Wapres Ma'ruf Amin Ingin Peserta Kartu Prakerja Buka Usaha Baru

Wapres Ma'ruf Amin Ingin Peserta Kartu Prakerja Buka Usaha Baru Foto: Boyke P. Siregar

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengharapkan para penerima manfaat Program Kartu Prakerja dapat meningkatkan keterampilannya usai mendapatkan pelatihan dari mitra Prakerja. Paling tidak, bisa kembali mendapatkan pekerjaan baru atau membuka lapangan usaha.

"Harapannya di tengah situasi pandemi ini, para pekerja dapat meningkatkan keterampilannya dan mendapatkan pekerjaan lagi atau dapat membuka usaha baru," kata Ma'ruf Amin dalam acara Silaturahmi Wakil Presiden dengan Komunitas Kartu Prakerja, Senin (28/12/2020).

Baca Juga: 5 Januari, Insentif Kartu Prakerja Bakal Cair Lagi

Hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) BPS Bulan Agustus Tahun 2020 menunjukkan bahwa 88,9% peserta Program Kartu Prakerja menyatakan keterampilannya meningkat setelah mengikuti program. Sementara, hasil survei dari Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja menunjukkan bahwa lebih dari 83 persen peserta menyatakan telah meningkat keterampilan kerjanya, baik skilling, reskilling, dan upskilling.

"Insyaallah, program ini akan berhasil dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin menuturkan, program kartu prakerja akan berlanjut hingga 2021. Hal tersebut karena berhasil mencapai target kepesertaan 100%, yaitu 5,6 juta orang.

"Menurut info yang saya terima, program ini telah berhasil mencapai target kepesertaan 100%, yakni 5,6 juta orang. Namun, karena pekerja yang telah mendaftar juga yang saya dengar, mendaftarkan program Kartu Prakerja ini mencapai 43 juta orang, pemerintah insyaallah memutuskan melanjutkan kegiatan ini pada 2021. Insyaallah," tutur Ma'ruf Amin.

Dia pun berharap kendala yang dirasakan, serta aspirasi yang disampaikan pada program di 2020 bisa diperbaiki di 2021 sehingga program tersebut bisa lebih baik kembali.

"Saya berharap kendala atau aspirasi pada 2020 ini dapat memicu inovasi baru pada pelaksanaan program kartu prakerja pada 2021 nanti sehingga pelaksanaan program ini bisa lebih baik lagi," tutur Wapres.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini