Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelni Angkut 151 Ribu Penumpang selama Libur Natal

Pelni Angkut 151 Ribu Penumpang selama Libur Natal Kredit Foto: Antara/Izaac Mulyawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni tercatat mengangkut 151.882 pelanggan selama periode angkutan Natal 2020. Dari jumlah itu, rute Batam-Belawan tercatat menjadi rute terpadat yang dilayani perseroan.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni OM Sodikin mengatakan dari 11 hingga 24 Desember 2020, jumlah pelanggan yang menggunakan armada kapal penumpang mencapai 119.562 pelanggan, dan 27.551 pelanggan dengan kapal perintis.

"Untuk pelayaran hari H Natal, Jumat (25/12), Pelni mencatat sejumlah 4.149 pelanggan melakukan perjalanan dengan kapal penumpang dan 620 pelanggan melakukan perjalanan dengan kapal perintis," kata dia di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Bekas Influencer Jokowi Jabat Komisaris Pelni

Sodikin menambahkan masa puncak pelayaran untuk kapal penumpang terjadi pada keberangkatan 22 Desember 2020. Terdapat kenaikan jumlah penumpang hingga dua kali lipat dibandingkan dengan keberangkatan satu hari sebelumnya.

"Pada 22 Desember 2020 jumlah pelanggan mencapai 13.146 pelanggan atau naik dua kali lipat dari keberangkatan satu hari sebelumnya (21/12) yakni 6.209 pelanggan. Sementara untuk masa puncak kapal perintis terjadi pada keberangkatan Jumat (18/12) dengan jumlah penumpang mencapai 2.940 pelanggan," terang Sodikin. 

Hingga saat ini, lanjut dia, terdapat lima rute terpadat yang dilayani oleh kapal penumpang Pelni, yaitu rute Pulau Batam-Belawan dengan jumlah penumpang sebesar 4.622 pelanggan, Kupang-Larantuka (3.500), Manokwari-Sorong (2.784), Jayapura-Biak (2.664), dan Jayapura-Serui (2.603). 

Sedangkan, lima rute terpadat pada kapal perintis meliputi wilayah Manokwari-Biak dengan jumlah penumpang sebesar 625 pelanggan, Tua Pejat-Teluk Bayur (613), Ternate-Mayau (594), Makassar-Reo (406), Tua Pejat-Sikakap (398).

"Dalam memberikan pelayanan di masa peak season Nataru ini, Pelni selalu memperhatikan dan menerapkan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat termasuk pelaksanaan 3M selama pelayaran berlangsung agar perjalanan para pelanggan aman dan nyaman," tegas Sodikin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: