Apple Kalah di Sidang Hak Cipta, Jadi Kehilangan Klaim ....

Apple Kalah di Sidang Hak Cipta, Jadi Kehilangan Klaim .... Foto: Reuters/Mike Blake

Hakim Federal Florida menolak klaim pelanggaran hak cipta Apple Inc terhadap perusahaan rintisan Corellium LLC yang teknologinya mengidentifikasi celah keamanan produk Apple, termasuk iPhone.

Apple menuding Corellium mereplikasi iOS guna menciptakan perangkat virtual yang iOS operasikan, lalu menjalankan salinan sistem ilegal pada perangkat keras selain Apple.

Hakim Distrik AS, Rodney Smith memutuskan mendukung Corellium LLC. "Penggunaan perangkat lunak Corellium itu wajar karena bersifat transformatif dan membantu pengembang menemukan kelemahan keamanan," ujar Smith, dilansir dari Reuters, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Pengguna iPhone dan Android Buruan Cek! Nih Daftar HP yang Gak Bisa Pakai WhatsApp di 2021

Baca Juga: Apa Itu Bitcoin?

Sebab, menurutnya, Corellium menambahkan inovasi yang baru iOS dengan membiarkan pengguna meninjau dan menyetop proses yang berjalan, serta melakukan operasi lainnya.

Smith menambahkan, "Motivasi keuntungan Corellium tak merusak pertahanan penggunaan wajar iPhone, khususnya dengan mempertimbangkan manfaat publik dari produk mereka."

Ia pun menolak argumen Apple yang menuduh Corellium beritikad buruk karena menjual produk kepada semua kalangan--termasuk peretas--dan tak mewajibkan pengguna melaporkan bug ke Apple.

"Argumen itu tampak membingungkan. Mereka pun tak memberlakukan persyaratan pelaporan di bawah Program Bug Bounty milik sendiri," jelas Smith.

Di sisi lain, Corellium membantah tuduhan Apple. Salah satu pengacara startup itu, Justin Levine menjelaskan, keputusan hakim sangat tepat.

Namun, Smith mengatakan, "Apple masih bisa mengajukan klaim hukum federal yang terpisah, di mana Corellium mengelak dari tindakan keamanan ketika membuat perangkat lunaknya."

Corellium sendiri berdiri pada Agustus 2017. Menurut catatan pengadilan, Apple mencoba mengakuisisi startup itu sejak Januari 2018, tetapi diskusi itu berhenti saat musim panas. Sementara gugatan Apple melayang pada Agustus 2019.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini