Benarkah Terompet Bisa Picu Kanker Mulut hingga HIV, Ini Penjelasan Profesor UI

Benarkah Terompet Bisa Picu Kanker Mulut hingga HIV, Ini Penjelasan Profesor UI Foto: Antara/Risky Andrianto

Saban pergantian tahun, isu mengenai berbagai penyakit berbahaya yang ditularkan melalui terompet kembali mencuat. Terompet kerap disebut dapat menjadi sumber penularan kanker mulut, kanker lidah, kanker darah, hepatitis, HIV, dan tuberkulosis.

Betulkah demikian? Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Ari Fahrial Syam, menyebut, orang awam pun sebenarnya sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa berita tersebut tidak benar.

Baca Juga: UAS Bikin Geger Lagi, Sekarang Tiup Terompet Dilarang, Samberan FH Nyelekit Abis!

"Karena, kanker termasuk kanker mulut, lidah atau kanker darah tidak dapat menular dari satu orang ke orang lain," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Prof Ari menjelaskan, kanker mulut disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Virus ini bisa menyebabkan kanker lidah, kanker amandel, atau kanker tenggorokan.

Virus tersebut dapat menular melalui mulut, terutama melalui aktivitas seksual, misalnya oral seks. Sementara itu, penggunaan alat makan atau sedotan secara bersamaan tidak akan menularkan virus tersebut.

Demikian juga dengan meniup terompet yang pernah ditiup oleh orang yang terinfeksi HPV. Virus HIV juga tidak mudah menular, harus melalui hubungan seksual, jarum suntik, atau komponen darah yang ditansfusi dari satu pasien ke pasien lain.

Lalu bagaimana seputar info penularan tuberkulosis melalui terompet? Prof Ari mengungkapkan, kuman tuberkulosis dapat ditularkan dari satu orang kepada orang lain bukan melalui kontak yang singkat.

Penularan tuberkulosis tidak seperti infeksi virus influenza yang membuat seseorang dapat tertular dari orang yang sedang mengalami flu dengan sekali kontak. Untuk penularan tuberkulosis butuh kontak yang lama dan terus-menerus.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini