Apa Itu Sinovac?

Apa Itu Sinovac? Foto: Antara/Setpres-Muchlis Jr

Beberapa pekan belakangan, nama Sinovac kerap muncul di media massa dan media sosial. Pertanyaannya, apa itu Sinovac? Bagaimana cara kerjanya?

Sinovac adalah salah satu vaksin COVID-19 produksi perusahaan China yang telah memasuki berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan informasi yang telah Warta Ekonomi himpun per Sabtu (2/1/2021), sekiranya telah ada 3 juta Sinovac yang sudah mendarat di Tanah Air.

Baca Juga: Pengumuman! Calon Penerima Vaksin Corona di Bandung Akan Terima SMS

Baca Juga: Penting, Ada Vaksin Tak Berarti Boleh Abaikan Protokol Kesehatan! Bahaya, Karena ....

Cara Kerja Sinovac

Menurut perusahaan biofarmasi berbasis di Beijing--Sinovac, vaksin COVID-19 Sinovac mendukung CoronaVac; vaksin yang tidak aktif, seperti informasi yang WE kutip dari BBC Internasional.

Sinovac menggunakan partikel virus yang sudah peneliti matikan; guna mengekspos sistem imun tubuh terhadap virus, tanpa risiko penyakit serius.

Sementara di Barat, vaksin yang peneliti kembangkan ialah Moderna dan Pfizer--sejenis vaksin mRNA. Artinya, bagian kode genetik virus corona akan disuntikkan ke tubuh, memicu pertumbuhan protein virus demi melatih sistem kekebalan agar melawannya.

Salah satu keunggulan utama Sinovac, menurut laporan BBC, yakni: bisa disimpan di lemari es standar dengan suhu 2-8 derajat Celcius--seperti vaksin Oxford. Di lain sisi, Moderna perlu disimpan di suhu -20 derajat C dan Pfizer di suhu -70 C.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini