Benarkah Vaksin yang Dipesan Indonesia dari China Pakai Ginjal Monyet Hijau Afrika?

Benarkah Vaksin yang Dipesan Indonesia dari China Pakai Ginjal Monyet Hijau Afrika? Foto: IStockPhoto/Manjurul

Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar vaksin Sinovac yang mengandung ginjal monyet hijau Afrika sehingga haram untuk digunakan. Pesan tersebut beredar di dunia maya dan menimbulkan banyak kebingungan di masyarakat. 

Sekadar informasi, Indonesia baru saja mendatangkan vaksin virus corona Covid-19 batch kedua buatan Sinovac pada Kamis 31 Desember 2020. Indonesia berhasil mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin setelah sebelumnya berhasil didatangkan sebanyak 1,2 juta dosis. 

Namun tampaknya tidak semua masyarakat menyambut kedatangan vaksin tersebut dengan antusias. Saat ini banyak yang mengklaim bahwa vaksin Sinovac mengandung vero cell. Vero cell sendiri merupakan media kultur virus dari ginjal monyet hijau afrika (African green monkey).

Baca Juga: Penting, Ada Vaksin Tak Berarti Boleh Abaikan Protokol Kesehatan! Bahaya, Karena .... 

Melihat hal ini, Biofarma pun mencoba memberikan klarifikasi mengenai hoax yang beredar di masyarakat saat ini. Menurutnya ini adalah ulah masyarakat yang memiliki niat tidak baik terhadap program vaksinasi massal yang dicanangkan pemerintah. Berikut bunyi pernyataan dari Biofarma. 

“Yth.Bpk dan Ibu, berita di atas adalah hoax, yang mempunyai niat yang tidak baik. Bahwa sesungguhnya: 

1. Vaksin yang ada di foto tersebut bukan vaksin yang digunakan di uji klinis indonesia. 

2. Vaksin yang ada di foto tersebut bukan foto vaksin yang akan digunakan nanti, beda merk dan beda kemasan. 

3. Foto di vaksin tersebut banyak di internet dan mudah untuk disalahgunakan.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini