Apa Itu Pay-Per-Click (PPC)?

Apa Itu Pay-Per-Click (PPC)? Kredit Foto: Unsplash/ Duncan Meyer

Pemasaran Pay-Per-Click (PPC) adalah sebuah saluran pemasaran digital yang kompleks. Pemasaran ini menghadirkan peluang yang signifikan bagi pemasar digital untuk meningkatkan trafik dan metrik konversi mereka. Tetapi tanpa menggunakan strategi yang cerdas dan taktik yang benar, kampanye pemasaran pay-per-click dapat menyebabkan masalah yang besar.

Metode pemasaran ini umum digunakan oleh khalayak luas saat ini, karena dinilai dapat menjangkau audiens dalam jumlah yang besar dalam waktu singkat. Dalam artikel ini, kita akan mengupas definisi dari pemasaran pay-per-click, manfaat, serta berbagai tips dalam melakukan metode tersebut. Untuk itu, simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing dari Denny Santoso

Mengenal Metode Pemasaran PPC

PPC adalah singkatan dari Pay-Per-Click, yaitu sebuah metode pemasaran digital di mana pengiklan membayar biaya setiap kali salah satu iklan mereka diklik oleh pengguna. Pada dasarnya, ini adalah cara tercepat untuk membeli kunjungan pelanggan ke situs Anda, daripada mencoba untuk "memperoleh" kunjungan tersebut secara organik.

Iklan yang berada di mesin pencarian adalah salah satu bentuk PPC yang paling populer. Ini memungkinkan bagi pengiklan untuk menawar penempatan iklan di link sponsor mesin pencari ketika seseorang sedang mencari kata kunci yang berkaitan dengan penawaran bisnis mereka. Misalnya, jika Anda mengajukan tawaran dengan menggunakan kata kunci "software terbaik PPC", iklan Anda akan muncul di posisi paling atas pada halaman hasil pencarian Google.

Setiap kali iklan tersebut diklik, link akan mengarahkan pengunjung ke landing page atau situs web, dan Anda akan dikenakan biaya. Pada dasarnya ini adalah bentuk pembelian kunjungan situs web yang telah ditargetkan, dan diharapkan akan menghasilkan konversi, baik itu pendaftaran atau penjualan.

Ada beragam jenis iklan PPC, yaitu iklan pencarian, iklan pencarian lokal, iklan bergambar dan pemasaran ulang. Iklan ini dapat muncul di halaman web, platform media sosial, halaman web, dan aplikasi di smartphone. Iklan PPC biasanya terlihat mirip dengan konten yang berada disekitarnya. Misalnya, iklan di saluran media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki format yang sama dengan postingan organic, namun tetapi ditandai dengan label “Sponsored” atau “Promoted”.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membangun kampanye PPC yang unggul: mulai dari meneliti dan memilih kata kunci yang tepat, mengatur kata kunci tersebut ke dalam kampanye dan grup iklan yang terorganisir dengan baik, hingga menyiapkan landing page PPC yang telah dioptimalkan untuk konversi.

Mesin pencari memberi penghargaan kepada pengiklan yang dapat membuat kampanye PPC yang relevan dengan mengenakan biaya yang lebih sedikit untuk setiap klik iklan. Jika iklan dan landing page Anda berguna dan memuaskan pengguna, Google akan mengenakan biaya yang lebih sedikit untuk setiap kliknya, sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi untuk bisnis Anda.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini