Ukraina Gandeng SDF Jadi Fasilitator Ekosistem Aset Digital

Ukraina Gandeng SDF Jadi Fasilitator Ekosistem Aset Digital Foto: Unsplash/André François McKenzie

The Stellar Development Foundation telah menandatangani perjanjian dengan Pemerintah Ukraina untuk memfasilitasi penciptaan ekosistem aset digital, termasuk kerangka kerja untuk mata uang digital bank sentral, atau CBDC.

Kementerian Transformasi Digital Ukraina mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka telah menandatangani nota kesepahaman dengan Stellar Development Foundation. MOU tersebut menguraikan strategi Ukraina untuk mengembangkan aset digital dan infrastruktur CBDC. Ini termasuk memberikan dukungan untuk proyek yang berspesialisasi dalam aset digital, menerapkan dan mengatur sirkulasi stablecoin, dan mempromosikan pengembangan CBDC.

Baca Juga: Platform Pembayaran Digital MNC Group Bagi-bagi Rezeki Nomplok

Siaran pers dari Stellar Development Foundation pada hari Senin mengkonfirmasi bahwa perjanjian tersebut telah ditandatangani pada 28 Desember.

Oleksandr Bornyakov, wakil menteri Kementerian Transformasi Digital, mengatakan kepada Cointelegraph bahwa memfasilitasi cryptocurrency nasional tidak berarti Stellar akan mengembangkan CBDC Ukraina. Sebaliknya, kemitraan Stellar diharapkan dapat "memungkinkan pengambilan keputusan yang berkualitas terkait pengembangan ekosistem aset virtual di Ukraina."

Ketika ditanya tentang potensi Ukraina untuk memimpin pengembangan cryptocurrency dan blockchain di Eropa dan dunia, Bornyakov mengatakan bahwa kementeriannya sedang mengintegrasikan praktik terbaik dari Swiss, Inggris, Malta, Liechtenstein, dan Amerika Serikat.

"Perusahaan kripto, startup blockchain, dan lembaga keuangan-semuanya mencari lingkungan yang dilindungi secara hukum untuk menjalankan bisnis. Kementerian Transformasi Digital Ukraina sedang bekerja membangun kerangka hukum yang akan menawarkan lingkungan peraturan yang transparan dan stabil untuk blockchain dan kripto perusahaan," kata Bornyakov dikutip dari Cointelegraph, Selasa (5/1/2021).

Bornyakov mengatakan bahwa Bank Nasional Ukraina telah meneliti CBDC sejak 2017. Ukraina, seperti banyak negara lain, sedang menjajaki kegunaan CBDC serta potensi dampaknya pada segala hal mulai dari kebijakan moneter dan stabilitas keuangan hingga adopsi konsumen.

Ada beberapa kegaduhan bahwa Ukraina siap untuk memimpin perlombaan crypto Eropa Timur, dengan Kementerian Transformasi Digital mendorong peraturan yang lebih jelas tentang aset digital.

Pada bulan September, Chainanalysis memberi Ukraina posisi teratas dalam peringkat globalnya pada adopsi cryptocurrency. Ukraina mendapat skor sangat tinggi pada ukuran nilai on-chain yang diterima dan total nilai ritel on-chain.

Stellar's Lumen (XLM) saat ini berada di peringkat 13 dalam kapitalisasi pasar global untuk semua cryptocurrency. Prinsip inti Stellar Foundation termasuk menciptakan akses yang lebih adil ke sistem keuangan global melalui teknologi open-source peer-to-peer.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini