Kisah Orang Terkaya: Roman Abramovich, Anak Yatim yang Sukseskan Chelsea

Kisah Orang Terkaya: Roman Abramovich, Anak Yatim yang Sukseskan Chelsea Foto: (Foto: AFP)

Nama Roman Abramovich terkenal di jagat sepak bola. Ialah salah satu orang terkaya di Rusia yang dianggap sebagai salah seorang oligarki Rusia. Di Rusia, Abramovich pernah menjadi gubernur provinsi Chukotka pada tahun 2000. Sementara di luar Rusia, ia terkenal sebagai pemilik klub sepakbola Premier League, Chelsea.

Forbes mencatat, harta kekayaan pemilik nama asli Roman Abramovich Arkadyevich ini mencapai USD13,8 miliar atau setara dengan Rp192 triliun.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Peter Woo, Miliarder Hong Kong Berkat Perusahaan Mertua

Pria kelahiran 24 Oktober tahun 1966 dari sebuah keluarga Yahudi di Lithuania ini telah menjadi yatim piatu sejak kecil. Ibunya, Irina Abramovich Ostrowski, meninggal sebelum Abramovich berumur dua tahun. Ayahnya, Arkady Abramovich, tewas dalam kecelakaan konstruksi kurang dari dua tahun kemudian.

Setelah itu, Abramovich dibesarkan oleh kakek dari pihak ayah dalam iklim Arktik yang dingin dari kampung halaman mereka di Lithuania.

Meski demikian, Abramovich berhasil menempuh pendidikan tinggi hingga bersekolah di Institut Industri di kota Ukhta sebelum mengikuti wajib militer pada Angkatan Bersenjata Uni Soviet.

Setelah mengikuti wajib militer, ia sempat berkuliah sebentar di Institut Auto Transport Negeri di Moskow sebelum mengambil cuti untuk berbisnis. Ia akhirnya mendapatkan gelar dari Akademi Hukum Negeri Moskow dengan sistem pembelajaran jarak jauh.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini