Tanda-tanda Jokowi Masih Trauma Juliari

Tanda-tanda Jokowi Masih Trauma Juliari Foto: Fajar Sulaiman

Ada hal menarik saat Presiden Jokowi meluncurkan program Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, kemarin. Jokowi mengulang-ulang ucapan agar bantuan sosial (bansos) yang diberikan ke masyarakat tidak dipotong. Sepertinya, Jokowi masih trauma dengan kasus pemotongan bansos yang dilakukan eks Menteri Sosial Juliari P Batubara.

Dalam peluncuran itu, Jokowi didampingi beberapa pejabat terkait. Antara lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Peluncuran dilakukan secara fisik dan virtual. Di Istana Negara, ada beberapa perwakilan masyarakat yang menerima bantuan langsung dari Jokowi. Sedangkan yang mengikuti acara secara virtual, menerima bantuan secara simbolis.

Baca Juga: Prabowo Ungkap Alasan Dirinya Mingkem Terus hingga Kini, Rupanya...

Di awal pidatonya, Jokowi menyapa Keluarga Penerima Manfaat (PKM) dari Program Keluarga Harapan (PKH), Program Bantuan Sembako (PBS), dan Program Bantuan Sosial Tunai (PBST). Jokowi memberi kabar gembira ke mereka, bahwa penyaluran bansos akan dilanjutkan di tahun ini. Anggarannya tembus Rp 110 triliun.

"Di awal 2021, saya meluncurkan langsung Bantuan Tunai Se-Indonesia pada masyarakat penerima. Sekali lagi, untuk Program Keluarga Harapan, Program Sembako dan Bantuan Sosial Tunai," ucap Jokowi.

Pengiriman bansos dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, PKH akan dilakukan dalam 4 tahap melalui bank milik negara. Kedua, PBS mulai disalurkan bulan ini sampai Desember 2021. Nilainya Rp 200 ribu per Kepala Keluarga (KK) per bulan. Ketiga, PBST akan diberikan selama 4 bulan (Januari-April) dengan nilai Rp 300 ribu per KK per bulan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini