5 Fakta di Balik 'Hilangnya' Miliarder Teknologi Jack Ma

5 Fakta di Balik 'Hilangnya' Miliarder Teknologi Jack Ma Foto: Reuters

Miliarder China, Jack Ma, telah menghilang selama 2 bulan setelah mengkritik keras sistem regulasi finansial China pada Oktober 2020.

Melansir Zeenews India, Selasa (5/1/2021), taipan teknologi itu tak muncul di hadapan publik sejak ovember 2020. Bahkan, ia tak menghadiri episode final acara pencarian bakatnya sendiri; Africa's Business Heroes, menurut laporan Telegraph.

Ada apa sebenarnya di balik fenomena menghilangnya Jack Ma? Menghimpun informasi dari berbagai sumber, inilah deretan fakta di balik hilangnya miliarder tersebut.

Baca Juga: Publik Bingung Jack Ma Hilang, Konsultan China: Saya Pikir Ia Diminta Diam

Baca Juga: Digertak China, Bursa Efek New York Batal Lakukan Hal Ini!

Fakta di Balik 'Hilangnya' Jack Ma

1. Foto Jack Ma hilang dari situs Alibaba

Selain hilang dari acara pencarian bakat. wajah Jack Ma juga turut lenyap dari situs AlibabaWarta Ekonomi pun telah meninjau situs Alibaba.com untuk mengonfirmasi.

2. Kritik Jack Ma berdampak pada bisnis Alibaba

Ada spekulasi yang menyebut perselisihan Jack Ma dengan rezim otoriter China berdampak terhadap bisnis Alibaba di China.

3. Para petinggi partai di China marah karena kritik Jack Ma

Pada Oktober 2020, Jamck Ma mengkritik regulator China dan bank milik negara; menyebut mereka kurang berinovasi. Petinggi Partai China pun marah karena pernyataan tersebut.

4. IPO Ant Financial tertunda

Karena kemarahan itu, Presiden China, Xi Jinping langsung meminta penundaan IPO Ant Financial--lengkan keuangan teknologi Alibaba.

5. Regulator menyelidiki terhadap bisnis Alibaba

Regulator China melakukan penyelidikan antitrust terhadap bisnis penjualan daring Alibaba, serta mengekang aktivitas bisnis Ant Financial dengan aturan terbaru. Hal tersebut berdampak pada penurunan saham Alibaba dan kekayaan pribadi Jack Ma.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini