5 Destinasi Wisata Super Prioritas Ini Bakal Ada Event Berbasis Sport Tourism

5 Destinasi Wisata Super Prioritas Ini Bakal Ada Event Berbasis Sport Tourism Foto: Antara/BPMI Setpres/Muchlis Jr

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) segera menggelar even wisata berbasis olahraga atau sport tourism di lima destinasi super prioritas, bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Saya juga minta di lima destinasi prioritas juga digagas event-event hybrid,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Gedung Graha Kemenpora RI, Selasa (5/1/2021).

Baca Juga: Sandiaga Uno Minta Penduduk Bali Dapat Prioritas Disuntik Vaksin Covid-19

Lima destinasi wisata super prioritas yang saat ini sedang fokus dikembangkan oleh pemerintah adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sandiaga Uno menjelaskan, penyelenggaraan event tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memulihkan sektor pariwisata domestik sekaligus mengimplementasikan konsep wisata berkualitas.

Saat ini, Kemenparekraf telah memetakan beberapa daerah yang nantinya akan menjadi tuan rumah event-event dari berbagai cabang olahraga.

"Saya dapat komitmen dari komunitas golf, sudah ada tiga daerah yang dicalonkan yakni, Bali, Jakarta, dan ada satu lagi. Saya minta kenapa enggak ditambah lagi? Kenapa cuma tiga? Kenapa enggak lima? Ditambah Yogyakarta dan Kepulauan Riau," ujarnya dalam konferensi pers secara daring.

Sementara untuk cabang olahraga triathlon akan diselenggarakan di Danau Toba dan Labuan Bajo. Dan untuk event marathon hanya digelar di satu daerah.

Sandiaga Uno mengatakan, rencana ini masih dapat berubah karena Indonesia dinilai telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya melalui program CHSE (Cleanliness, Safety, Health, Environmental Sustainability).

Di samping itu, Indonesia juga memiliki potensi wisata olahraga yang sangat besar untuk dikembangkan.

"Maka dari itu saya memberikan challenge, memberikan tantangan kepada komunitas kalau rencana ini harus ditingkatkan. Karena protokol kesehatan yang sudah ditempuh oleh masing-masing cabang olahraga sudah sesuai dengan CHSE," kata Sandiaga Uno.

"Saya juga minta di 5 destinasi prioritas juga digagas event-event hybrid. Misalnya secara fisikal dibatasi 50-70% sesuai dengan kesepakatan kita dengan pemda, kepolisian, satgas. Sehingga nantinya, arahan presiden untuk memenuhi Calendar of Event dapat tercapai," imbuhnya.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini