Kisah Orang Terkaya: Harald Tschira, Pewaris Jerman yang Jadi Miliarder Dunia

Kisah Orang Terkaya: Harald Tschira, Pewaris Jerman yang Jadi Miliarder Dunia Foto: Aceh bisnis

Salah satu orang terkaya di Jerman ialah Harald Tschira. Harald adalah saudara dari Udo Tschira. Mereka anak dari Klaus Tschira yang telah meninggal dunia pada 2015 silam. Harald diasumsikan memiliki sekitar 3% perusahaan SAP, penyedia perangkat lunak aplikasi perusahaan terbesar di dunia.

Harald Tschira merupakan sosok yang sangat tertutup dan menjaga privasinya. Bahkan, di jagat internet yang sangat mudah diakses, tak ada satupun foto yang ditemukan. Dalam laman Forbes sendiri, tidak ditampilkan bagaimana wajah Harald.

Sementara itu, ayahnya, Klaus Tschira adalah salah satu dari lima pendiri perusahaan yang berbasis di Walldorf-Jerman. Dia dan Udo adalah ahli waris bersama perusahaan induk ayah mereka, yang mengendalikan 6,3% bisnis. Karena itulah kekayaannya kini mencapai USD14 miliar (Rp195 triliun).

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Udo Tschira, Miliarder Jerman Pewaris Yayasan Amal

SAP adalah perusahaan perangkat lunak multinasional Jerman yang berbasis di Walldorf, Baden-W├╝rttemberg yang mengembangkan perangkat lunak perusahaan untuk mengelola operasi bisnis dan hubungan pelanggan.

Ayahnya Klaus Tschira, selain menjadi seorang pebisnis dan pengembang perangkat lunak juga seorang astronom amatir dan fisikawan terlatih. Ia pun mendirikan sebuah badan amal untuk mempromosikan penelitian di bidang sains pada tahun 1995 bernama Klaus Tschira Foundation. Ia juga mendirikan Gerda & Klaus Tschira Foundation pada tahun 2008.

Yayasannya kerap mendukung studi di luar negeri untuk orang tua tunggal yang menyediakan bantuan keuangan. Jumlahnya berbeda dari setiap negara dan jangka waktu beasiswa dari yayasan tersebut hanya untuk satu tahun. Selain itu, kandidat juga harus seorang mahasiswa Matematika, Ilmu Komputer atau Ilmu Pengetahuan Alam.

Yayasan ini yang kemudian dilanjutkan oleh Harald Tschira dan Udo Tschira. Keduanya mengambil alih Klaus Tschira Foundation sebagai mitra pengelola setelah kematian ayah mereka. Yayasan ini diarahkan untuk mempromosikan ilmu alam, matematika, dan ilmu komputer.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini