UC Browser Rilis Tren Pencarian dan Perilaku Pengguna di Indonesia

UC Browser Rilis Tren Pencarian dan Perilaku Pengguna di Indonesia Foto: Unsplash/NordWood Themes

UC Browser, aplikasi perambah seluler terkemuka merangkum berbagai tren momen penting di Indonesia melalui platform digital tersebut, mulai dari kata yang paling banyak dicari, aktivitas kampanye paling populer, hingga konsumsi konten artikel & video. Laporan tren penelusuran UC Browser di sepanjang tahun 2020 memberikan perspektif dan informasi unik mengenai dinamika dan perubahan signifikan yang dihadapi masyarakat Indonesia.  Baca Juga: Ikuti Harbolnas 12.12 Bisa Lewat UC Browser, Ini Keuntungannya

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang dinamis bagi Indonesia, karena telah mengalami pergeseran yang signifikan dari aktivitas offline ke aktivitas online, mendorong masyarakat Indonesia untuk mencari alternatif untuk kebutuhan mereka melalui pencarian digital. Dengan demikian, kemampuan mencari kebutuhan digital melalui online membuat pengguna tertarik untuk mencari dan memperluas pencarian di luar konten yang berbahasa Indonesia, terbukti dengan “Translate” menjadi kata-kunci paling banyak dicari seluruh pengguna UC Browser di Indonesia sepanjang tahun 2020. 

Di samping rasa penasaran tinggi, pengguna di Indonesia juga banyak mencari menggunakan kata kunci yang terkait dengan hiburan. Kata kunci "Drama Korea" dan novel grafis asal Jepang “Mangaku” menempati peringkat kedua dan ketiga sebagai kata kunci yang paling banyak dicari di UC Browser. Hal ini berbanding lurus dengan fitur unggulan UC Browser yang memiliki kapabilitas mengunduh file dan konten video online dengan cepat.

Selain dari 10 istilah paling dicari, raksasa E-Commerce “Shopee”, “Lazada” dan “Tokopedia” merupakan platform E-Commerce yang paling banyak dicari di UC Browser, menunjukkan bahwa kampanye belanja UC Browser secara konsisten menarik khalayak luas bagi mitra mereknya. “WFH” menjadi istilah pencarian yang populer, sementara “Google Classroom” mengalami peningkatan signifikan dalam volume pencarian.

Tidak hanya merangkum pencarian paling populer, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/1/2021), UC Browser melakukan analisa lebih dalam dengan membandingkan hasil pencarian antara tahun 2019 dan tahun ini. Peningkatan dramatis dalam volume pencarian untuk kata kunci tertentu juga mencerminkan perubahan perilaku pengguna Indonesia dalam berbagai perspektif di tahun 2020. Satu contoh, volume pencarian "WFH" pada tahun 2019 adalah nol, sedangkan pada tahun 2020 istilah tersebut menjadi salah satu pencarian paling populer di UC Browser.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini