Ada 600 Ribu Unggas di Paris Dimusnahkan karena Takut Sebarkan Flu Burung

Ada 600 Ribu Unggas di Paris Dimusnahkan karena Takut Sebarkan Flu Burung Foto: Antara/REUTERS/Eric Gaillard

Prancis akan memusnahkan sekitar 600 ribu unggas dalam usaha menahan penyebaran virus flu burung di antara kawanan bebek di barat daya negara itu. Kementerian Peternakan mengatakan, Prancis telah menyembelih sekitar 200 ribu unggas dan berencana untuk memusnahkan 400 ribu unggas lagi, Selasa (5/1/2021).

Prancis termasuk di antara negara-negara Eropa yang melaporkan jenis flu burung yang sangat menular akhir tahun lalu. Kondisi ini yang mengarah pada pemusnahan massal karena pihak berwenang mencoba membatasi penularan dari burung liar ke ternak.

Baca Juga: Kasus Corona Masih Tinggi, Inggris Dihantam Wabah Flu Burung

Pemusnahan termasuk kawanan di wilayah wabah terjadi. Sedangkan pemotongan unggas secara preventif di daerah sekitarnya.

Pada 1 Januari, Kementerian Pertanian dalam pembaruan situs web menyatakan Prancis telah mengonfirmasi 61 wabah virus H5N8, yang 48 di antaranya berada di wilayah Landes barat daya. Landes adalah bagian dari zona penangkaran itik yang memasok industri foie gras yang merupakan makanan khas Prancis yang terbuat dari hati angsa atau bebek.

Sedangkan di wilayah lain penyebaran virus tampaknya terkendali. Jenis flu burung H5N8 tidak diketahui dapat menular ke manusia.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini