Rumah Sakit Sampai Keluarkan Perintah Ambulance Jangan Bawa Pasien yang Sulit untuk Bertahan Hidup

Rumah Sakit Sampai Keluarkan Perintah Ambulance Jangan Bawa Pasien yang Sulit untuk Bertahan Hidup Foto: Reuters/Lucas Jackson

Saking sudah terlalu parahnya kondisi Covid-19 di Los Angeles Amerika Serikat, RS setempat, Emergency Medical Services (EMS) Agency Los Angeles mengeluarkan kebijakan ambulans sebaiknya tidak membawa pasien ke rumah sakit jika mereka hampir tidak memiliki harapan hidup.

Pasien yang dimaksudkan yakni mereka yang detak jantung dan pernapasannya terhenti dan yang tidak dapat tertolong oleh paramedis, bunyi memo yang ditandatangani Marianne Gausche-Hill, direktur medis EMS, dan dirilis pada Senin.

Karena dampak parah pandemi COVID-19 terhadap EMS dan 9-1-1 Receiving Hospitals, maka pasien dewasa yang mengalami henti jantung traumatik dan nontraumatik di luar rumah sakit sebaiknya tidak dipindahkan jika pengembalian sirkulasi spontan gagal dilakukan di lapangan, demikian memo yang diunggah di internet tersebut.

Menurut memo, seorang pasien harus dirawat terlebih dahulu di tempat kejadian dan mempunyai denyut nadi selama resusitasi sebelum dibawa ke rumah sakit. Ini artinya jika denyut nadi pasien tidak kembali atau dinyatakan meninggal, petugas EMS semestinya tidak membawa mereka ke rumah sakit.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini