Risma Dihujani Kritikan, Banteng Pasang Badan

Risma Dihujani Kritikan, Banteng Pasang Badan Foto: Antara/BPMI Setpres/Muchlis Jr

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membela kadernya, Tri Rismaharini yang ramai dikritik karena blusukannya di Jakarta setelah menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos). Aksi perempuan yang akrab disapa Risma itu mencerminkan karakter kepemimpinannya.

“Bu Risma setiap kunjungan ke daerah itu turun dan menyapa rakyat. Khususnya mereka yang miskin dan terpinggirkan,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulisnya, kemarin.

Dia menjelaskan, tidak ada yang salah dengan yang dilakukan Risma. Bahkan, tradisi blusukan ini juga dilakukan Presiden Joko Widodo ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hasto menilai, blusukan menjadi kultur kepemimpinan nasional. Pemimpin yang menyatu dengan rakyat.

Baca Juga: Netizen Beberkan Beda Blusukan Risma dan Fadli Zon, Parah Deh!

’’Bukankah sejak awal ketika konstitusi dirancang, semangat para pendiri republik ini menegaskan bagaimana fakir miskin dan anak telantar dipelihara negara,’’ sebutnya.

Faktanya, kata Hasto, karakter kepemimpinan Risma ini mampu membawa kemajuan dan keberpihakan bagi rakyat kecil di Kota Surabaya. Sebelum menjadi Mensos, Risma merupakan Walikota Surabaya.

Menurut Hasto, Risma akan melakukan blusukan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia yang merupakan wilayah kerjanya sebagai Mensos. Misalnya, akhir tahun lalu, Risma berkunjung ke Ponorogo, Jawa Timur, untuk bertemu penyandang disabilitas.

Hal senada disampaikan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak. Dia menilai, seorang pejabat memang seharusnya sering blusukan. Aksi itu jauh lebih baik ketimbang bernarasi tanpa ada tindakan konkret.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini