Vietnam Punya Bank yang Bisa Terbitkan L/C Berbasis Blockchain Pertama

Vietnam Punya Bank yang Bisa Terbitkan L/C Berbasis Blockchain Pertama Foto: Warta Ekonomi

Bank besar Vietnam HDBank sekarang telah menjadi bank pertama di Vietnam yang menerbitkan letter of credit, atau L/C, menggunakan teknologi blockchain menurut laporan Cointelegraph, Kamis (7/1/2021).

Menurut laporan hari Rabu oleh outlet media lokal Viet Nam News, penerbitan, presentasi dokumen, dan pembayaran L/C yang berhasil di-blockchain menandai tonggak utama menuju tujuan HDBank untuk menjadi "bank digital yang bahagia." Peserta dalam transaksi pertama adalah importir serat lokal dan produsen benang Taiwan, bersama dengan bank penasihat L/C di Taiwan.

Baca Juga: Senat Ini Usul Dirikan Kantor Berbasis Blockchain

Letter of credit adalah dokumen penting dalam perdagangan internasional yang memberikan jaminan dari lembaga layak kredit, seperti bank, bahwa pembayaran pembeli kepada penjual akan diterima tepat waktu dan dengan jumlah yang benar. Intinya, bank menjamin pembayaran tersebut.

Menggunakan teknologi blockchain untuk L/C memiliki banyak keuntungan, seperti menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan catatan transaksi yang permanen. Ini juga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi tersebut menjadi hitungan jam.

HDBank bergabung dengan jaringan Contour yang didukung HSBC untuk L/C pada Mei 2020. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, platform berbasis R3 Corda menerima peluncuran komersial pada kuartal kedua 2020 setelah uji coba yang sukses pada 2019.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini