Investor Asing Kembali Guyur Pasar Modal Setelah Elon Musk Puji Langkah Indonesia Soal Nikel

Investor Asing Kembali Guyur Pasar Modal Setelah Elon Musk Puji Langkah Indonesia Soal Nikel Foto: Antara/Reno Esnir

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memperlihatkan keperkasaannya dengan menguat 1.45% atau 87.95 poin kelevel 6,153.63 dengan saham-saham disektor pertambangan meroket 5.61% menjadi motor optimisme investor pada perdagangan hari ini.

Saham perusahaan tambang logam seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) melejit 17.12%, PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melambung 13.36% dan PT Timah Tbk (TINS) menguap 13.08% setelah adanya kutipan dari salah satu pemiliki perusahaan raksasa teknologi dunia, Elon Musk yang memandang langkah Indonesia sangat baik dalam menyikapi kebutuhan nikel dunia untuk masa depan.

Baca Juga: IHSG Menguat 0,45% pada Penutupan Sesi Kedua

"Hal tersebut menjadi signal investor global yang tertarik kembali investasi ke Indonesia. Investor asing tercatat melakukan aksi beli sebesar Rp833.78 miliar dengan saham BBRI, BMRI, TLKM, PTBA dan INCO yang menjadi top net buy value," kata Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Asing Ramai-Ramai Masuk ke Pasar Saham, IHSG Naik Tajam!

Menurutnya, IHSG secara teknikal bergerak terkonsolidasi yang bergerak tertahan disupport MA5 dan resistance fractal di kisaran 6150. Indikator stochastic mendekati area overbought Indikator MACD divergence positif memberikan signal kejenuhan yang membayangi ditengah optimisme investor yang masih berlanjut.

"Sehingga IHSG diperkirakan bergerak berfluktuatif pada perdagangan akhir pekan dengan menguat terbatas pada support resistance 6088-6180. Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal diantaranya; ADRO, BMRI, BNGA, CPIN, DOID, ICBP, INDF, ITMG, JSMR, LPPF, PGAS. SMBR, TOWR," tutupnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini