Apa Itu Banner Advertising?

Apa Itu Banner Advertising? Foto: Unplash/Campaign Creators

Banner advertising adalah iklan digital yang ditampilkan di header, footer, atau sidebar situs web. Biasanya iklan tersebut dianggap sebagai jenis iklan digital yang dapat dijangkau dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Bisnis yang ingin brand awareness atau keterlibatan pelanggan dengan iklan digital perlu mempertimbangkan untuk menggunakan banner ad.

Agar banner ad dapat berjalan efektif, bagaimanapun juga, iklan tersebut perlu dirancang secara strategis untuk dapat menarik pengunjung agar segera meng-kliknya atau terlibat dengannya. Jangan mengambil risiko membuang-buang uang untuk iklan yang dirancang dengan buruk yang tidak mewakili bisnis Anda dengan baik dan gagal menghasilkan trafik atau minat pelanggan. Untuk itu, simak artikel berikut yang akan membahas mengenai apa itu banner advertising serta bagaimana cara membuatnya.

Baca Juga: Aktif Upload Konten Youtube, Fadli Zon Bisa Dapat Cuan Hingga Rp98 Juta per ....

Mengenal Banner Advertising

Banner advertising mengacu pada penggunaan tampilan grafik berbentuk persegi panjang yang membentang di atas, bawah, atau samping situs web atau properti media online. Jenis iklan banner horizontal disebut leaderboard, sedangkan banner vertikal disebut skyscraper dan ditempatkan di sidebar halaman web. Banner ad lebih berbasis pada gambar dibandingkan teks dan merupakan bentuk periklanan online yang populer dikalangan bisnis digital.

Tujuan dari banner ad adalah untuk mempromosikan suatu brand dan untuk mendapatkan pengunjung dari situs web host untuk pergi ke situs web pengiklan.

Banner ad pertama kali dipasang di situs web Wired Magazine pada tahun 1994 (kemudian disebut hotwired.com); spanduk tersebut bertuliskan "Have you ever clicked your mouse here? You will", dan iklan tersebut kemudian mengarahkan pengguna ke kampanye untuk bisnis AT&T.

4 Manfaat Banner Advertising

Banner ad bekerja dengan cara yang sama seperti iklan media cetak biasa, mereka menginformasikan, memberi tahu pelanggan tentang kehadiran produk baru, menarik perhatian audiens Anda, meningkatkan brand awareness, dan sebagainya.

Karena itu, ada beberapa cara untuk mengarahkan pengguna ke situs web Anda agar mereka mengetahui lebih lanjut tentang bisnis Anda, melalui banner ad. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan banner ad:

1. Meningkatkan trafik pelanggan

Banner ad mendorong pengunjung untuk pergi ke situs web pengiklan dengan cara mengkliknya. Melalui metode ini, iklan dibayar dengan banyak cara seperti PPC, bayar per-tayang, bayar per-waktu yang telah dihabiskan di halaman web, dan masih banyak lagi.

Jika Anda belum mencobanya, maka ada baiknya agar mempertimbangkan kembali bahwa ini adalah salah satu cara terbaik dalam kampanye digital marketing. Keefektifan kampanye banner ad juga dapat diukur menggunakan alat bantu untuk melihat berapa pengguna yang sudah meng-klik, mengarahkan kursor, atau meninggalkan iklan tersebut.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini