Mengenal Reaksi Ringan pada Tubuh Pasca-Suntik Vaksin Covid-19

Mengenal Reaksi Ringan pada Tubuh Pasca-Suntik Vaksin Covid-19 Foto: Antara/Fakhri Hermansyah

Pemerintah rencananya akan melakukan penyuntikan vaksin covid-19 akan dimulai pada pekan kedua Januari 2021.

Seperti halnya vaksin untuk penyakit lain yang sudah rutin selama ini, vaksin covid-19 juga memiliki efek. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebut ini sebagai Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI).

Baca Juga: Apa Itu Vaksin Corona? Infografis

KIPI merupakan kejadian medik yang diduga berhubungan dengan vaksinasi. Kejadian ini bisa berupa reaksi vaksin, kesalahan prosedur, koinsiden, reaksi kecemasan, atau hubungan kausal yang tidak dapat ditentukan.

Secara umum, vaksin tidak menimbulkan reaksi pada tubuh, atau apabila terjadi disebutkan hanya menimbulkan reaksi ringan. Vaksinasi memicu kekebalan tubuh dengan menyebabkan sistem kekebalan tubuh penerima bereaksi kepada antigen yang ada di dalam vaksin.

Reaksi lokal dan sistemik, contohnya nyeri pada area yang disuntik, atau demam dapat terjadi sebagai bagian dari respons imun.

Baca Juga: Kenapa Vaksin Penting? | Infografis

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini